Mengenal Lecce, Klub Lawas Serie A yang Didatangi Raffi Ahmad

Putra Rusdi K - Sepakbola
Jumat, 27 Mei 2022 21:40 WIB
US Lecce celebrates after scoring a goal of 1-0 during the Italian soccer Serie B match US Lecce vs Pordenone Calcio on May 06, 2022 at the Stadio Via del Mare in Lecce, Italy (Photo by Emmanuele Mastrodonato/LiveMedia/NurPhoto via Getty Images)
Profil Lecce, klub yang didatangi Raffi Ahmad. (Foto: NurPhoto via Getty Images/NurPhoto)
Jakarta -

Raffi Ahmad mengunjungi Lecce untuk mendampingi proses akusisi klub promosi Serie A ini. Lalu, seperti apa kiprah Lecce di kompetisi Italia?

Raffi Ahmad mendatangi markas klub Italia, Lecce. Raffi mengunggah foto kegiatan itu di akun Instagram miliknya, di mana ia bersama beberapa pihak sedang memamerkan jersey klub tersebut.

Terungkap lewat akun Instagram Lecce bahwa Raffi tengah mendampingi pihak-pihak yang baru saja mengakusisi klub berjuluk I Giallorossi ini. Pihak tersebut adalah Boris Francesco Jean Collardi, Pascal Picci, serta Alvin Sariaatmadja yang merupakan pengusaha asal Indonesia.

[Gambas:Instagram]



Lecce merupakan klub yang bermarkas di Stadio Via del Mare. Klub yang berada di daerah Salento ini pertama kali berdiri pada 15 Maret 1908. Klub ini awalnya meliputi tim sepakbola, atletik dan balap sepeda. Namun kegiatan klub dihentikan pada 1923/1924.

Lecce kembali dihidupkan untuk menyongsong musim 1927/1928 dengan nama Union Sportiva Lecce, yang terbentuk lewat merger beberapa klub. Menurut situs resmi Lecce, mereka sempat kembali vakum empat tahun usai musim 1931/1932 akibat perang dunia, US Lecce kembali aktif pada 1937 hingga saat ini.

Lecce pertama kali promosi ke Serie A pada 1985. Setelah itu, klub ini lekat dengan status tim yoyo karena sering naik turun Serie A dan Serie B.

Lecce sempat berada dalam periode buruk usai terlibat skandal pengaturan skor pada 2012 yang dikenal dengan Scommessopoli. Mereka dihukum turun dua kasta dari Serie B ke Lega Pro.

Perlahan Lecce bisa bangkit untuk secara luar biasa lewat dua kali promosi, dari Serie C menuju Serie A pada 2019. Namun, mereka hanya bisa bertahan semusim di Serie A karena terdegradasi. Lecce akhirnya kembali ke Serie A musim mendatang setelah menutup musim 2020/2021 sebagai juara Serie B.

Meski lekat dengan predikat tim yoyo, tapi Lecce kerap kali bisa mengorbitkan nama-nama tenar di sepakbola. Antonio Conte, Juan Cuadrado, Fabrizio Miccoli, Massimo Oddo, Valeri Bojinov, hingga Mirko Vucinic adalah beberapa yang pernah berseragam klub yang berjuluk Il Paprica ini.

(pur/aff)