Alex Meret Menjawab Keraguan

ADVERTISEMENT

Alex Meret Menjawab Keraguan

Putra Rusdi K - Sepakbola
Selasa, 20 Sep 2022 02:03 WIB
MILAN, ITALY - SEPTEMBER 18: Alex Meret of SSC Napoli gestures during the Serie A match between AC MIlan and SSC Napoli at Stadio Giuseppe Meazza on September 18, 2022 in Milan, Italy. (Photo by Sportinfoto/DeFodi Images via Getty Images)
Alex Meret tampil apik bersama Napoli awal musim ini (Foto: DeFodi Images via Getty Images/DeFodi Images)
Naples -

Alex Meret menjadi sosok penting di balik melejitnya Napoli. Ia bahkan dianggap punya kemampuan lebih baik dari Gianluigi Donnarumma.

Napoli tampil luar biasa di awal musim ini. Pasukan Luciano Spalletti memuncaki klasemen Serie A hingga pekan ketujuh dengan 17 poin.

Kegemilangan juga ditunjukkan Il Partenopei di ajang Liga Champions. Napoli menyapu bersih dua laga awal dengan kemenangan usai mengalahkan Liverpool 4-1 dan Rangers 3-0.

Beberapa nama mencuri perhatian atas menawannya performa Napoli. Mereka yang banyak disorot adalah tiga rekrutan anyar Khvicha kvaratskhelia, Kim Min-Jae, Giovanni Simeone, hingga Andre Zambo Anguissa dan Piotr Zielenski.

Namun, ada satu nama yang tak banyak disorot tapi penampilannya begitu luar bisa untuk Napoli di awal musim ini. Sosok tersebut adalah Alex Meret di bawah mistar Napoli.

Meret tak tergantikan di dalam sembilan laga Napoli musim ini. Performa apiknya membuat Napoli baru kebobolan lima gol di Serie A musim ini. Hanya Atalanta yang punya jumlah kebobolan lebih sedikit dari Napoli dengan tiga gol.

Kiper 25 tahun ini punya persentase save yang cukup baik di Serie A dengan 77,3 persen. Ia mampu mencatatkan 17 penyelamatan dari 22 tembakan yang dihadapinya. Satu di antarnya adalah penyelamatan penalti.

Ketangguhan Meret tercermin di laga terakhir Napoli kala menang 2-1 atas AC Milan. Ia mampu bikin empat penyelamatan dan tiga kali menghalau umpan silang.

Meret juga punya distribusi bola yang terbilang apik dengan rataan umpan sukses sebesar 89,8 persen di Liga Italia 2022/2023. Performa apik Meret ini sekaligus menepis keraguan akan dirinya yang sempat muncul.

[Gambas:Opta]

Napoli dilaporkan sempat tertarik mendatangkan Keylor Navas dari Paris Saint-Germain untuk menggusur posisi Meret. Namun, transfer ini tak pernah terwujud hingga bursa transfer musim panas ditutup.

Meret kini dianggap layak menantang Gianluigi Donnarumma sebagai kiper nomor satu di timnas Italia. Mantan kiper timnas Italia, Luca Marchegiani bahkan menilai Meret memiliki kemampuan lebih baik dari Donnarumma.

"Napoli meragukan Meret, tapi saya tidak pernah meragukannya. Dia kurang berpengalaman, tetapi bagi saya, dia adalah salah satu kiper Italia terbaik, bahkan lebih baik dari Donnarumma." kata Marchegiani kepada Sky Sport Italia.

Meret sendiri masih minim kesempatan untuk menggeser posisi Donnarumma di timnas Italia. Mantan kiper Udinese ini baru mengemas dua penampilan untuk Gli Azzurri.



Simak Video "AC Milan Tumbangkan AS Roma dengan 2-1"
[Gambas:Video 20detik]
(pur/mrp)

ADVERTISEMENT