sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 03 Nov 2020 14:00 WIB

Alaba Enggan Lanjut di Bayern, Liverpool dan Real Madrid Minat?

Adhi Prasetya - detikSport
LISBON, PORTUGAL - AUGUST 23: David Alaba of FC Bayern Munich celebrates following his teams victory in the UEFA Champions League Final match between Paris Saint-Germain and Bayern Munich at Estadio do Sport Lisboa e Benfica on August 23, 2020 in Lisbon, Portugal. (Photo by Matt Childs/Pool via Getty Images) Alaba bisa direkrut secara gratis musim depan. Foto: Getty Images/Pool
Jakarta -

David Alaba tak akan memperpanjang kontraknya di Bayern Munich. Sejumlah klub besar mulai dikaitkan dengan bek 28 tahun asal Austria itu.

Alaba terikat dengan Bayern hanya sampai Juni 2021. Die Roten diketahui ingin memperpanjang kontraknya, mengingat ia masih jadi andalan pelatih Hansi Flick di lini belakang. Ia juga sudah berada di Bayern sejak di tim junior.

Namun pembicaraan kontrak itu mandek, dan pada akhirnya Bayern memutuskan untuk menarik diri dari negosiasi. Rumor yang beredar menyebut gaji yang diminta Alaba kemahalan, meski sang pemain belakangan membantahnya.

Dengan tak adanya kontrak baru, maka Alaba bebas bernegosiasi dengan klub manapun pada Januari nanti. Klub-klub besar jelas akan mengendus peluang ini.

Apalagi Alaba cukup versatile, dan bisa dimainkan di bek kiri, bek tengah, gelandang tengah, dan gelandang bertahan. Real Madrid, Manchester City, Inter Milan, hingga Liverpool pun mulai dikaitkan dengan Alaba.

Jika mau menunggu sampai Juni, Alaba bisa direkrut secara gratis. Namun kalaupun mereka mau buru-buru mengambil Alaba di Januari, harganya pun diprediksi akan murah karena sisa kontrak yang sudah mau habis.

Manchester City memiliki keuntungan dengan keberadaan Pep Guardiola, yang dulu pernah melatih Alaba di Bayern. Alaba bisa dipasang sebagai bek kiri atau gelandang tengah.

Belakangan ini Pep malah mengandalkan Joao Cancelo (bek kanan) di sisi kiri, padahal ia punya bek kiri semacam Benjamin Mendy dan Oleksander Zinchenko. Sementara di posisi gelandang tengah, Alaba juga bisa menjadi andalan untuk menggeser Ilkay Guendogan atau Phil Foden.

Liverpool mungkin tertarik mendatangkan Alaba, mengingat saat ini mereka kehilangan Virgil van Dijk yang diprediksi absen hingga akhir musim. Di Inter Milan, Antonio Conte bisa memasang Alaba sebagai bek tengah atau sebagai sayap kiri di formasi 3-5-2.

Sedangkan di Madrid, Alaba jelas menjadi pesaing sepadan bagi Marcelo dan Ferland Mendy di sisi kiri. Ia juga bisa dipasang sebagai bek tengah, jika Sergio Ramos atau Raphael Varane absen.

Selain keempat nama di atas, tentu tak tertutup kemungkinan klub-klub besar Eropa lainnya ikut mengincar Alaba. Namun yang jelas, sekalipun bisa direkrut secara gratis, gaji Alaba jelas tak murah.

Alaba saat ini disebut bergaji 8 juta Euro per musim. Sedangkan tawaran kontrak dari Bayern yang ditolak Alaba kabarnya mencapai 11 juta Euro per musim, dengan bonus mencapai 6 juta Euro. Angka tersebut mungkin bisa menjadi gambaran awal bagi klub-klub peminat sebelum maju bernegosiasi.

(adp/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com