sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 07 Jan 2021 15:40 WIB

1 Sampai 75, Ini Rapor Erling Haaland di Dortmund Tahun 2020

Angga Laraspati - detikSport
DORTMUND, GERMANY - NOVEMBER 24: Erling Haaland of Borussia Dortmund celebrates after scoring their sides third goal during the UEFA Champions League Group F stage match between Borussia Dortmund and Club Brugge KV at Signal Iduna Park on November 24, 2020 in Dortmund, Germany. Sporting stadiums around Germany remain under strict restrictions due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in games being played behind closed doors. (Photo by Lars Baron/Getty Images) 1 Sampai 75, Ini Rapor Erling Haaland di Dortmund Tahun 2020. Foto: Getty Images/Lars Baron
Jakarta -

Erling Haaland sudah satu tahun di Borussia Dortmund. Berbagai torehan pun sudah dicatatkan oleh dirinya, yang dapat dirangkum dalam beragam angka mulai dari 1 sampai 75.

Erling Haaland datang ke Die Borussen pada Januari tahun lalu dari RB Salzburg dengan mahar sekitar 20 juta euro. Bersama Dortmund pun Haaland tampil sangat beringas. Terbukti di Liga Jerman musim 2020/20201, Haaland sudah mencetak 10 gol dari 9 pertandingannya.

Lalu, apa saja yang sudah diraih oleh Haaland selama satu tahun bersama pasukan Dortmund? Berikut rangkuman pencapaiannya dalam angka, sebagaimana dilansir dari laman resmi Liga Jerman.

1
Haaland menjadi pemain Dortmund pertama yang mencetak gol dalam debutnya di Bundesliga, Piala DFB Pokal, Champions League, dan Piala Super DFL.

3
Penyerang berpaspor Norwegia ini membuat sejarah pada awal tahun 2020 dengan mencetak tiga gol alias hat-trick setelah masuk menjadi pemain pengganti pada laga perdananya melawan Augsburg. Dengan torehan tersebut, Erling Haaland sukses menjadi pemain pertama dalam sejarah Bundesliga yang pernah melakukannya

4
Pesepakbola kidal ini juga pernah mencetak empat gol dalam satu pertandingan untuk pertama kalinya dalam kemenangan di Spieltag-8 kala Dortmund mengalahkan Hertha Berlin 5-2. Ia pun menjadi pemain termuda yang pernah mencetak empat gol dalam satu pertandingan di Liga Jerman di usianya yang baru 20 tahun dan 123 hari.

5
Rekor lainnya yang dibukukan oleh anak dari Alf-Inge Haaland ini adalah torehan lima gol setelah dua pertandingan liga pertamanya. 3 gol ketika Dortmund mencukur Augsburg 5-2 dan 2 gol saat Die Borussen membantai FC Koln 5-1.

7
Haaland juga mengantongi rekor terbaik liga setelah mencetak tujuh gol setelah tiga pertandingan pertamanya di Borussia Dortmund. Selain itu, pemain 20 tahun ini juga telah mencetak setidaknya 2 gol dalam tujuh dari 23 pertandingannya di Bundesliga hingga saat ini.

9
Setelah sebelumnya mengenakan nomor 17 pada musim pertamanya di Dortmund, kini Haaland mengenakan nomor punggung 9 yang juga pernah dipakai oleh pendahulunya Paco Alcacer, Michy Batshuayi dan Pierre-Emerick Aubameyang yang sama-sama mencetak gol pada debut mereka di Bundesliga

19
Erling Haaland baru berusia 19 tahun 182 hari ketika dia mencetak hat-trick Bundesliga pertamanya dan menjadi pemain termuda kedua dalam sejarah liga yang melakukannya kalah dari Walter Bechtold dari Frankfurt (pada 1965) yang lebih muda.

23
Haaland telah membobol 23 kali gawang lawannya dalam 23 pertandingan Bundesliga pertamanya. Ini adalah sebuah rekor baru setelah sebelumnya dibuat oleh Uwe Seller di tahun 1963/64 yang mencetak 20 gol dalam periode pertandingan yang sama

75
Mesin gol Dortmund ini mempunyai catatan apik dalam urusan mencetak gol. Haaland telah mencetak rata-rata gol setiap 75 menit di Bundesliga dan menjadi yang terbaik dalam sejarah liga dari pemain mana pun.

Perjalanan Erling Haaland pun masih dibilang sangat panjang untuk mencetak rekor-rekor lainnya di Bundesliga. Aksi-aksi dari Haaland tersebut juga bisa dipantau secara langsung dalam gelaran Bundesliga Jerman yang disiarkan di Mola TV.

(krs/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com