Gegara Pesan Rasis, Legenda Arsenal Jens Lehmann Dipecat Hertha Berlin

Adhi Prasetya - Sepakbola
Kamis, 06 Mei 2021 02:00 WIB
Berlin -

Jens Lehmann baru saja dipecat oleh Hertha Berlin. Alasannya, eks kiper Arsenal itu kedapatan mengirim pesan berbau rasisme kepada sesama eks pemain Timnas Jerman, Dennis Aogo.

Aogo, pemain Jerman berdarah Nigeria dan kini bekerja sebagai pundit untuk Sky Deutschland, mengunggah tangkapan layar percakapan whatsapp dari Lehmann tersebut di akun instagram miliknya, Selasa (4/5/2021).

Di situ, Lehmann terlihat menulis 'jadi Dennis adalah orang kulit hitam perwakilanmu?' dengan emoji tertawa. Aogo sendiri mengira pesan itu ingin dikirim Lehmann kepada orang lain, namun sialnya malah salah kirim ke dirinya sendiri, yang menjadi objek perbincangan.

LONDON, ENGLAND - SEPTEMBER 16:  Dennis Aogo of Schalke faces the media during a FC Schalke 04 press conference ahead of the UEFA Champions League Group G match between Chelsea and FC Schalke 04 at Stamford Bridge on September 16, 2014 in London, United Kingdom.  (Photo by Mike Hewitt/Getty Images)Aogo saat masih bermain di Schalke 04. Foto: Getty Images/Mike Hewitt

Akibat hal tersebut, Lehmann sudah meminta maaf. Namun Hertha menegaskan tak ingin lagi terasosiasi dengan pria 51 tahun itu. Sebelumnya, Lehmann menjadi anggota direksi Hertha mewakili Tennor, perusahaan yang menjadi investor klub ibu kota Jerman tersebut.

"Penyataan seperti itu tak sesuai dengan nilai-nilai yang dianut dan selalu dikampanyekan Hertha Berlin. Kami menjauhi diri kami dari segala bentuk rasisme," kata presiden Hertha, Werner Gegenbauer, dikutip The Guardian.

Tak cuma diputus kerja samanya oleh Hertha, Sky pun menegaskan tak mau lagi mengundang Lehmann sebagai pundit. Sebelumnya, ia memang kerap diminta tampil.

"Kami sering mengundang Jens Lehmann sebagai tamu di acara kami, dan kami sangat kecewa dengan perilakunya. Kami tak berencana untuk mengundangnya lagi di acara kami," jelas pernyataan Sky.

Semasa bermain, Lehmann dikenal sebagai eks kiper Schalke 04, AC Milan, Borussia Dortmund, Stuttgart, dan Arsenal. Salah satu highlight dalam kariernya adalah menjadi bagian dari skuad invincibles saat The Gunners menjuarai Liga Inggris pada 2003/04.

(adp/pur)