Alaba Pergi secara Gratis, Bencana bagi Bayern

Okdwitya Karina Sari - Sepakbola
Kamis, 22 Jul 2021 11:17 WIB
BUCHAREST, ROMANIA - JUNE 13: David Alaba of Austria adjusts his Respect captains armband during the UEFA Euro 2020 Championship Group C match between Austria and North Macedonia at National Arena Bucharest on June 13, 2021 in Bucharest, Romania. (Photo by Justin Setterfield/Getty Images)
Alaba Pergi Secara Gratis, Bencana bagi Bayern. (Foto: Getty Images/Justin Setterfield)
Munich -

David Alaba resmi bergabung Real Madrid. Eks pemain Jerman Markus Babbel menyebut, kehilangan Alaba secara cuma-cuma rasanya seperti bencana bagi Bayern Munich.

Alaba meninggalkan Bayern setelah 13 tahun yang sukses. Pemain serbia bisa asal Austria itu telah memenangi 18 trofi utama, termasuk menjadi bagian dari skuad Bayern yang meraih treble pada 2013 dan 2020.

Meski demikian, proses keluarnya Alaba dari Allianz Arena tidak sepenuhnya mulus. Die Roten dikabarkan sempat mengajukan perpanjangan kontrak, namun ditolak Alaba karena menginginkan gaji yang lebih besar. Selain itu, pesepakbola berusia 29 tahun itu juga menginginkan tantangan baru.

Pada akhirnya, David Alaba menyeberang ke Madrid dan dikontrak selama lima tahun. Pemain berdarah Filipina itu diperkenalkan pada Rabu (21/7), dan akan mengenakan seragam nomor 4 yang sebelumnya dipakai Sergio Ramos.

Babbel pernah memperkuat Bayern Munich selama enam tahun ketika masih aktif bermain. Menurut dia, Bayern rugi kehilangan Alaba tanpa mendapatkan uang sepeser pun.

"Kehilangan dia secara gratis terasa seperti sedikit bencana," ungkap Babbel kepada NetBet. "Kepribadian, kemampuan dia sebagai seorang pemain... tapi saya bisa memahami sih kalau dia menginginkan tantangan yang berbeda. Cara dia pergi memang tidak bagus. Saya tidak tahu apakah itu kesalahan David Alaba atau Bayern Munich. Tapi itu bukanlah situasi yang bagus."

"Saya tidak suka karena dia sudah berada di sini selama lebih dari 10 tahun dan dia pergi karena dia sepertinya menginginkan terlalu banyak uang. Real Madrid akan membayarkan uangnya dan dia melakukan apa yang dia rasa yang terbaik untuk dia."

"Saya pikir dia tidak ingin pergi, tapi kemudian pembicaraan di antara dia dengan klub berjalan dengan sangat buruk sehingga dia harus pergi. Menyedihkan untuk dilihat, tapi mereka toh sudah mendatangkan Upamecano, yang merupakan pemain yang sangat berbakat untuk mengisi posisi itu," ungkap Babbel tentang kepergian David Alaba.

(rin/krs)