Ilaix Moriba Sepakat Tinggalkan Barcelona dan Gabung Leipzig

Adhi Prasetya - Sepakbola
Selasa, 31 Agu 2021 09:55 WIB
BARCELONA, SPAIN - MAY 16: Ilaix Moriba of FC Barcelona looks on during the La Liga Santander match between FC Barcelona and RC Celta at Camp Nou on May 16, 2021 in Barcelona, Spain. Sporting stadiums around Spain remain under strict restrictions due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in games being played behind closed doors. (Photo by David Ramos/Getty Images)
Moriba akan bermain untuk Leipzig musim ini. Foto: Getty Images/David Ramos
Jakarta -

Ilaix Moriba sudah sepakat untuk bergabung dengan RB Leipzig. Peresmian pemain jebolan akademi Barcelona itu kini tinggal menunggu waktu.

Kontrak Moriba masih tersisa setahun lagi di Barcelona, namun pemain 18 tahun itu enggan memperpanjang masa baktinya. Akibatnya, ia kini didemosi lagi ke Barcelona B dan masuk daftar jual.

Gayung pun bersambut, sebab Leipzig meminatinya sebagai pengganti Marcel Sabitzer yang hijrah ke Bayern Munich. Keduanya memang berposisi sama, yakni gelandang tengah.

Harian Marca melaporkan Moriba sudah mendapat izin dari Barcelona untuk pergi ke Jerman, menuntaskan transfernya bersama Leipzig. Di Jerman, jurnalis harian Leipziger Volkszeitung, Guido Schäfer mengonfirmasi Moriba sudah tiba di Leipzig pada 30 Agustus malam waktu setempat.

Jurnalis The Guardian Fabrizio Romano juga melaporkan transfer Moriba sudah disepakati Barcelona dan Leipzig, dan kini tinggal menjalani tes medis saja pada 31 Agustus pagi untuk kemudian diumumkan peresmiannya pada hari yang sama.

Moriba dilepas Barcelona dengan harga 15 juta Euro. Angka ini tak jauh berbeda dengan biaya yang dikeluarkan Bayern untuk memboyong Sabitzer, yakni 16 juta Euro.

Moriba bisa dibilang tak pindah baik-baik dari Barcelona. Pelatih Ronald Koeman sempat mengkritiknya, menganggap ia lebih mementingkan uang ketimbang kesempatan bermain di Barcelona.

Kritikan itu ditanggapi Moriba dengan mengatakan semua pemberitaan yang ada hanya rumor belaka. Sekarang, Moriba sudah bersiap memulai petualangan baru di Jerman bersama Leipzig.

Bersama tim utama Barcelona di musim lalu, Moriba tampil sebanyak 18 kali, termasuk laga final Copa del Rey saat Barcelona mengalahkan Athletic Bilbao 4-0.

(adp/krs)