Tinggalkan Barcelona, Ilaix Moriba Pindah ke RB Leipzig

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Rabu, 01 Sep 2021 08:05 WIB
BARCELONA, SPAIN - MAY 16: Ilaix Moriba of FC Barcelona runs with the ball during the La Liga Santander match between FC Barcelona and RC Celta at Camp Nou on May 16, 2021 in Barcelona, Spain. Sporting stadiums around Spain remain under strict restrictions due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in games being played behind closed doors. (Photo by David Ramos/Getty Images)
Ilaix Moriba resmi pindah ke RB Leipzig (Getty Images/David Ramos)
Leipzig -

Ilaix Moriba tak lagi berseragam Barcelona mulai musim ini. Gelandang muda itu memutuskan pindah ke RB Leipzig.

Masa depan Moriba awalnya cerah karena performa mantapnya bersama Barcelona musim lalu. Tapi, sengkarut kontrak membuat Moriba tersingkir dari tim utama.

Sebab, Moriba kabarnya menolak perpanjangan kontrak dari Barcelona karena gaji yang ditawarkan tidak sesuai. Alhasil, Barcelona murka dan mendemosinya ke Barcelona B.

Padahal Moriba musim lalu sudah tampil 18 kali di seluruh kompetisi termasuk saat mengalahkan Athletic Bilbao 4-0 di final Copa del Rey.

Hubungan yang tak lagi harmonis itu membuat Moriba makin mantap meninggalkan Barcelona, Lalu datanglah tawaran Leipzig yang coba memboyongnya ke Jerman.

Bak gayung bersambut, Moriba pun menerimanya dan resmi meneken kontrak berdurasi empat tahun, dengan opsi perpanjangan setahun hingga 2025.

Untuk mendapatkan Moriba, RB Leipzig harus mengeluarkan uang 16 juta euro, yang nantinya bisa bertambah hingga 22 juta euro, tergantung penampilan si pemain.

Ilaix Moriba menimba ilmu di akademi Barcelona sebelum naik ke tim B pada 2019 dan sempat tampil 19 kali dengan torehan dua gol.

Moriba memilih memperkuat tim negara kelahirannya, Guinea, meski sudah bermain di tim Spanyol U-17 sebanyak lima kali dan bikin satu gol.

"Kami mampu mendatangkan talenta luar biasa dalam diri Ilaix Moriba. Kami sangat bangga dia memilih RB Leipzig, meski banyak mendapat tawaran dari klub-klub top Eropa," ujar Direktur Olahraga dan Komersial Leipzig Florian Scholz di situs resmi Bundesliga.

(mrp/rin)