ADVERTISEMENT

Bagi Bayern, Membeli Mane Tak Semata Urusan Sepakbola

Rifqi Ardita Widianto - Sepakbola
Rabu, 03 Agu 2022 11:00 WIB
LEIPZIG, GERMANY - JULY 30: Sadio Mane of Bayern celebrate the victory with the trophy after the Supercup 2022 match between RB Leipzig and FC Bayern M√ľnchen at Red Bull Arena on July 30, 2022 in Leipzig, Germany. (Photo by Marvin Ibo Guengoer - GES Sportfoto/Getty Images)
Sadio Mane merayakan trofi pertamanya bersama Bayern Munich, usai memenangi Piala Super Jerman. (Foto: Getty Images/Marvin Ibo Guengoer - GES Sportf)
Jakarta -

Bayern Munich sukses mengamankan jasa Sadio Mane musim panas ini. Die Roten mengungkap betapa pentingnya perekrutan Mane buat mereka.

Bayern membeli Sadio Mane dari Liverpool seharga 32 juta Euro. Angka itu bisa bertambah menjadi 41 juta Euro, tergantung bonus-bonus terkait performa.

Mane akan menjadi tumpuan baru di lini depan Bayern, menyusul kepergian Robert Lewandowski. Keduanya memang berbeda tipe, tapi justru pemain seperti Mane yang diyakini diinginkan oleh Pelatih Bayern Julian Nagelsmann.

Nagelsmann cenderung lebih menyukai tipe penyerang yang mobil, pemain yang bergerak melebar untuk membuka ruang bagi lini kedua. Sementara Lewandowski merupakan tipe nomor 9 murni, yang lebih banyak beroperasi di area kotak penalti.

Termasuk kala di RB Leipzig. Ia memainkan dua penyerang, Timo Werner dan Yussuf Poulsen, dengan keduanya banyak bermain dari sisi lapangan dan menerima bola jauh dari kotak penalti.

Tapi Sadio Mane bukan sekadar urusan olah bola buat Bayern. Ia juga akan menjadi wajah akan nilai-nilai yang diusung klub Bavaria itu.

Mane yang rendah hati dan punya kepedulian sosial tinggi adalah sosok sempurna untuk turut menjadi duta Bayern Munich. Seorang muslim taat, Mane menjauhi gaya hidup glamor dan memilih membangun berbagai fasilitas kesehatan dan pendidikan di kampung halamannya, Bambali.

Ia pernah ramai diperbincangkan di media sosial karena tertangkap kamera masih menggunakan telepon genggam lawas dan layarnya sudah retak. Ia baru mendapatkan handphone baru setelah dihadiahi oleh Georginio Wijnaldum.

Contoh lain kerendahan hatinya adalah tak segan ikut membersihkan toilet masjid. Semasa di Liverpool, Mane sempat terekam kamera ikut bersih-bersih masjid di sana.

"Sadio bukan cuma sangat cocok dengan klub dan nilai-nilai yang kami usung, sikap rendah hati dan keseluruhan karakternya juga sangat disambut oleh para suporter kami di seluruh dunia," kata Direktur Marketing Bayern Andreas Jung.

"Dia luar biasa di olahraga dan menyalurkan nilai-nilainya dengan cara otentik dan kredibel. Para suporter menyukai pemain-pemain seperti ini dan itulah tipe pemain yang diinginkan setiap klub."

"Dia menggarisbawahi karisma FC Bayern dan merupakan figur penting untuk keseluruhan merek Bundesliga," imbuhnya seperti dikutip Sky Sports.

(raw/adp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT