sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 27 Sep 2018 02:59 WIB

Hasil Liga Spanyol: Si Juru Kunci Leganes Beri Barcelona Kekalahan Pertama

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Barcelona tumbang di markas tim juru kunci, Leganes. (Foto: Gonzalo Arroyo Moreno/Getty Images) Barcelona tumbang di markas tim juru kunci, Leganes. (Foto: Gonzalo Arroyo Moreno/Getty Images)
Jakarta - Barcelona memetik kekalahan pertamanya musim ini saat bertandang ke markas tim juru kunci, Leganes. Unggul lebih dulu, Barcelona kecolongan dua gol.

Bertandang ke Estadio Municipal de Butarque, Kamis (27/9/2018) dinihari WIB di lanjutan La Liga, Barcelona mengawali dengan baik ketika unggul di menit ke-12. Tembakan Philippe Coutinho membawa Blaugrana memimpin.

Tapi tuan rumah merespons di babak kedua. Kegagalan mengantisipasi umpan panjang membuat Barcelona kebobolan gol pertama di menit ke-51 oleh Nabil El Zhar.

Tuan rumah bahkan cuma butuh semenit untuk berbalik unggul. Kali ini kesalahan Gerard Pique saat menyapu bola dimanfaatkan Oscar Rodriguez untuk menaklukkan Marc-Andre ter Stegen.

Ini merupakan kekalahan pertama Barcelona setelah enam pekan La Liga, sekaligus yang pertama di seluruh ajang musim ini. Barcelona masih memimpin klasemen dengan 13 poin, tapi berpeluang digeser Real Madrid (13 poin) yang baru akan bermain tak lama setelah laga ini.

Sementara itu Leganes naik dari posisi juru kunci ke urutan 17 klasemen, mengoleksi empat poin.




Jalannya Pertandingan

Leganes langsung berupaya menekan jauh ke pertahanan Barcelona selepas kick-off. Barcelona melakukan pendekatan tempo lambat dan memainkan bola.

Di menit keenam, tusukan Ousmane Dembele dari kiri diakhiri dengan sepakan mendatar. Upayanya cuma berakhir di samping gawang.

Barcelona memetik keunggulan di menit ke-12. Lionel Messi merangsek dari kanan, melewati sejumlah pemain dan mengoper ke Philippe Coutinho di depan kotak penalti.

Coutinho menerima umpan dengan menaikkan bola ke udara, lalu menghantamnya dengan tendangan kaki kanan. Tendangannya berakhir di pojok kanan gawang tanpa terjangkau kiper.

Empat menit berselang, Messi menebar ancaman. Tembakan melengkungnya mengarah ke gawang dan mengenai mistar.

Leganes mulai lebih berani menyerang. Setelah upayanya di menit ke-30 gagal karena offside, Youssef kembali mengancam di menit ke-38 melalui sundulan. Tapi tandukannya masih tepat ke arah kiper.

Di akhir babak pertama, tuan rumah mendapatkan kesempatan lain. Kali ini Oscar Rodriguez melepaskan tembakan, tapi kekurangan tenaga sehingga mudah diantisipasi Marc-Andre ter Stegen.
Leganes mengejutkan Barcelona dengan gol di menit ke-52. Umpan panjang dari tengah diterima Jonathan Silva di sisi kiri, lalu diteruskan dengan umpan silang ke tiang jauh. Di sana Nabil El Zhar menanduk bola dengan leluasa karena cukup jauh di depan bek Barcelona terdekat, Thomas Vermaelen.

Hanya semenit berselang, Leganes kembali mencetak gol. Kali ini umpan langsung ke pertahanan Barcelona memicu kesalahan dari Gerard Pique. Upayanya menyapu bola malah membuat si kulit bundar jatuh ke kaki Oscar Rodriguez. Rodriguez pun menaklukkan Ter Stegen dalam situasi satu lawan satu.

Barcelona meningkatkan intensitas serangannya usai tertinggal. Tapi baru di menit ke-80 ada peluang yang benar-benar mengancam.

Coutinho melepaskan sepakan keras dari dalam kotak penalti yang ditepis dengan cemerlang oleh Ivan Cuellar. Bola pantulan disambar Ivan Rakitic, tapi Cuellar lagi-lagi menggagalkan bola masuk ke gawang.

Sepakan Sergi Roberto di menit ke-87 masih melambung di atas gawang. Barcelona mengepung Leganes di sisa waktu, tapi tak berhasil mendapatkan gol penyama. Tuan rumah menutup pertandingan dengan kemenangan.
Susunan pemain:

Leganes: Ivan Cuellar (GK); Juanfran, Rodrigo Tarin, Unai Bustinza (c), Raul Garcia, Jonathan Silva; Nabil El Zhar (Nyom 86'), Mikel Vesga (Merino 82'), Ruben Perez, Oscar Rodriguez (Gumbau 74'); Youssef En-Nesyri

Barcelona: Marc-Andre Ter Stegen (GK); Sergi Roberto, Gerard Piqué, Thomas Vermaelen (Alba 70'), Samuel Umtiti; Ivan Rakitic, Sergio Busquets, Philippe Coutinho; Lionel Messi (c), Munir El Haddadi (Suarez 61'), Ousmane Dembele (Malcom 71')



Saksikan juga video 'Keganasan Messi Bungkam PSV':

[Gambas:Video 20detik]

(raw/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed