5 Kemalangan Real Madrid di Santiago Bernabeu

Yanu Arifin - Sepakbola
Rabu, 06 Mar 2019 19:17 WIB
Pemain Real Madrid tertunduk di Santiago Bernabeu. (Foto: David Ramos/Getty Images)
Jakarta - Santiago Bernabeu tak menjadi tempat yang aman bagi Real Madrid. Rumahnya sendiri itu justru memberi banyak kemalangan untuk Los Blancos belakangan ini.

Terakhir, Madrid harus menelan pil pahit di Santiago Bernabeu, saat disingkirkan Ajax Amsterdam dari Liga Champions. Hasil itu menjadi puncak dari rentetan nasib buruk yang ditelan Gareth Bale dkk.




Sebelumnya, kekalahan demi kekalahan juga ditelan Madrid di depan pendukungnya. Belum sampai di situ, masalah eksternal juga mencuat akibat laju buruk itu.

detikSport coba merangkum nasib sial apa saja yang didapat Madrid saat bermain di Bernabeu belakangan ini. Berikut ulasannya.




1. Tiga Kekalahan di Bernabeu dalam Sepekan

Di Santiago Bernabeu, Rabu (6/3/2019) dini hari WIB, Madrid kalah 1-4 dari Ajax di leg kedua babak 16 besar Liga Champions. Madrid pun gagal ke perempatfinal dengan kekalahan agregat 3-5, usai di leg pertama hanya menang 1-2.

Hasil itu membuat Madrid menelan tiga kekalahan menyakitkan di Bernabeu dalam sepekan. Dua hasil negatif sebelumnya didapat saat dikalahkan Barcelona 0-3 di leg kedua semifinal Copa del Rey, Kamis (28/2) dini hari WIB lalu kembali kalah 0-1 dari Barcelona di LaLiga, Minggu (3/3) dini hari WIB.

2. Mencatat Sejumlah Rekor Buruk

Kekalahan demi kekalahan itu membuat Madrid mencatat sederet rekor buruk. Di antaranya keunggulan head-to-headnya dengan Barcelona menjadi terkejar, bahkan tersalip.

Selain itu, kekalahan dari Ajax juga mencoreng wajah Madrid sebagai jawara Liga Champions dalam tiga musim terakhir. Di antaranya adalah terhentinya tren selalu maju ke semifinal sejak 2010, usai dikalahkan tim yang biasanya selalu mentok di babak kualifikasi.

3. Potensi Akhiri Musim Tanpa Trofi

Kekalahan dan sederet rekor jelek itu mengerucut pada satu nasib sial Madrid, berpotensi mengakhiri musim tanpa trofi.

Peluang juara Madrid di Copa del Rey dan Liga Champions dipastikan sirna karena terdepak. Sementara di LaLiga, peluang Madrid menyalip Barcelona cukup kecil.

Saat ini, Madrid masih berada di peringkat tiga klasemen LaLiga dengan 48 poin, terpaut 12 angka dari Barcelona hingga jornada ke-26. Dengan masih 12 laga tersisa, secara matematika kans Madrid memenangi liga memang masih terbuka, namun jelas sulit mengingat laju Barcelona yang on fire plus mental tim Madrid yang sedang terpuruk karena sederet kekalahan di atas.

4. Pemain Cedera

Kesialan Madrid bertambah karena sejumlah pemain juga ikut terkena dampaknya. Beberapa pilar cedera di Santiago Bernabeu.

Saat didepak Ajax, Lucas Vazquez dan Vinicius Junior mengalami cedera. Kedua pemain mudanya itu harus menepi akibat cedera paha yang dialami di Bernabeu. Duh.

5. Manajemen Digoyang

Dan atas semua kondisi di atas, manajemen Madrid juga mulai digoyang. Para suporter mulai menyuarakan mosi tidak percaya kepada petinggi klub.

Usai Madrid ditendang Ajax, seruan presiden klub Florentino Perez untuk mundur terdengar. Selain itu, para suporter juga mulai mengecam beberapa pemain yang dianggap harus bertanggung jawab dalam kekalahan itu.

Adalah Gareth Bale, Thibaut Courtois, Karim Benzema, dan Casemiro, yang dianggap para suporter bermain buruk saat Madrid dikalahkan Ajax, dan itu berdasarkan hasil survei.


(yna/cas)