sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 27 Agu 2019 20:25 WIB

Barcelona Resmikan Patung Penghormatan untuk Johan Cruyff

Bayu Baskoro Febian - detikSport
Peresmian patung Johan Cruyff di markas Barcelona, Camp Nou. (Foto: Albert Gea/Reuters) Peresmian patung Johan Cruyff di markas Barcelona, Camp Nou. (Foto: Albert Gea/Reuters)
Barcelona - Barcelona kembali memberi penghargaan untuk Johan Cruyff. Eks pemain asal Belanda itu diresmikan di Camp Nou.

Peresmian patung untuk mendiang Cruyff dilakukan, Senin (26/8/209), di markas Barcelona. Presiden klub, Josep Maria Bartomeu, hadir dalam peresmian itu.

Sementara itu dari keluarga mendiang Cruyff diwakili oleh sang istri, Danny Cruyff, serta kedua anaknya yakni Susila dan Jordi.

Patung setinggi 3,5 meter itu menampilkan sosok Cruyff yang tengah mengenakan kostum Barcelona dengan nomor punggung 9. Monumen ini berlokasi di depan pintu masuk tribun utama Stadion Camp Nou.

"Patung ini akan menjadi pengingat abadi akan Johan Cruyff dan apa yang ia wakili. Johan Cruyff sangat penting dalam sejarah Barcelona, secara hakiki dan sentimen," ujar Bartolomeu melalui akun resmi Twitter Barcelona.




Johan Cruyff adalah mantan pemain Barcelona di era 1970-an, serta pernah menjabat sebagai manajer Los Cules dari tahun 1988 hingga 1996. Ia adalah peletak dasar filosofi sepakbola Blaugrana, serta bertanggung jawab dalam pengembangan akademi tersohor La Masia.

Cruyff merupakan tokoh sentral dalam permainan menyerang Total Football di Belanda pada era 1970-an. Taktik tersebut kemudian diadopsi oleh Barcelona selama masa baktinya sebagai pemain dan pelatih di Camp Nou, hingga kini bertransformasi menjadi gaya bermain Tiki-taka.

Selama menjadi manajer Barcelona, ia sukses meraih 11 trofi utama, termasuk 4 gelar LaLiga, dan mampu membawa klub asal Catalunya itu menjadi juara Liga Champions untuk pertama kalinya di tahun 1992.

Cruyff wafat pada 24 Maret 2016 pada usia 68 tahun karena penyakit kanker paru-paru yang diderita. Sejak masih aktif merumput, ia dikenal sebagai seorang perokok berat.




Simak Video "Rakitic Segera Dilepas Barcelona?"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com