sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 28 Mei 2020 05:00 WIB

New Normal dalam Sepakbola, Messi Soroti Mental Pemain

Novitasari Dewi Salusi - detikSport
In this photo provided by FC Barcelona, Lionel Messi walks wearing a protective face mask at the clubs training ground in Barcelona, Spain, on Wednesday May 6, 2020.  Soccer players in Spain returned to their teams training camps Wednesday for the first time since the country entered a lockdown nearly two months ago because of the coronavirus pandemic. Players for Barcelona, Real Madrid, Atlético Madrid and other clubs started preparing for the return to training this week, and they were all expected to be tested for COVID-19 and should be cleared to practice once the results are back. (Miguel Ruiz / FC Barcelona via AP) Lionel Messi bicara tentang mental pemain terkait new normal dalam sepakbola (Foto: AP/Miguel Ruiz)
Barcelona -

Pandemi virus corona ikut memaksa kompetisi sepakbola melakukan berbagai penyesuaian. Menghadapi situasi baru yang tak mudah, mental pemain jadi faktor penting.

Hal tersebut diutarakan oleh Lionel Messi. Bintang Barcelona itu menilai perubahan-perubahan yang dihadapi akibat pandemi virus corona akan jadi ujian bagi mental pemain.

Seperti diketahui, pandemi virus corona membuat kompetisi sepakbola ditangguhkan, tak terkecuali Liga Spanyol. Selama hampir tiga bulan, para pemain di rumah saja.

Liga Spanyol kini sudah bersiap untuk main lagi. Pemerintah setempat sudah memberi lampu hijau bagi kompetisi sepakbola untuk kembali bergulir mulai 8 Juni.

Gelaran kompetisi tentu tidak akan sama seperti sebelumnya. Protokol kesehatan harus dijalankan demi keamanan semua pihak yang terlibat.

Salah satu situasi baru yang harus dihadapi pemain adalah bertanding tanpa penonton. Selain itu, kabarnya juga bakal ada aturan baru terkait larangan mengerubungi wasit saat pertandingan.

Messi mengakui situasi saat ini tidak mudah untuk dihadapi. Bagi pesepakbola, dibutuhkan kekuatan mental untuk menjaga fokus ketika memasuki lapangan.

"Saya kira tidak ada yang menyangka sesuatu seperti ini terjadi. Beberapa orang memperingatkan kalau pandemi bisa terjadi dari waktu ke waktu. Tapi saya benar-benar tidak membayangkan itu akan berkembang seperti ini, atau dampak luar biasa yang ditimbulkan ke seluruh dunia," Messi menulis dalam kolomnya di adidas.

"Hidup atau bekerja dalam ketidakpastian itu tidak pernah mudah, khususnya ketika menghadapi situasi yang belum pernah terdengar seperti ini."

"Kita semua bertanya-tanya kapan kita akan kembali bekerja, kapan mulai latihan, dan berkompetisi lagi. Untuk pesepakbola manapun, penting untuk tetap fokus ketika masuk ke lapangan," lanjut bintang asal Argentina itu.

"Ada yang bilang kekuatan mental itu 40, 50, atau bahkan 60% dari olahraga kami. Saya kira itu juga tergantung setiap pemain. Tapi menurut saya itu sangat penting, dan saya melihat fokus yang terus berkembang terkait persiapan dalam hal ini di dunia olahraga profesional," katanya.



Simak Video "Koeman Pimpin Latihan Perdana Barcelona, Messi Absen"
[Gambas:Video 20detik]
(nds/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com