sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 16 Jul 2020 14:14 WIB

Valencia Buruk, Pemiliknya Harus Angkat Kaki!

Randy Prasatya - detikSport
LONDON, ENGLAND - SEPTEMBER 17:  A Valencia fan holds a sign reading Peter Lim Go Home! prior to the UEFA Champions League group H match between Chelsea FC and Valencia CF at Stamford Bridge on September 17, 2019 in London, United Kingdom. (Photo by Richard Heathcote/Getty Images) Seorang fan meminta Peter Lim cabut dari Valencia (Foto: Getty Images/Richard Heathcote)
Valencia -

Legenda sepakbola Argentina, Mario Kempes, mengecam Peter Lim. Kempes meminta Lim untuk menjual Valencia dan pergi dari Mestalla.

Valencia mengalami krisis keuangan pada 2009. Utang mereka sempat mencapai 300 juta euro, yang memaksa rencana pembangunan stadion baru berkapasitas 73 ribu penonton tertunda.

Valencia pun kelimpungan. Mereka terpaksa menjual para bintangnya seperti David Villa, David Silva, Joaquin Sanchez, Raul Albiol, Emiliano Moretti dan lainnya.

Lim kemudian datang untuk membeli Valencia pada 2014. Salah satu orang terkaya asal Singapura itu mendapatkan suara mutlak dari 22 anggota direksi Valencia dalam bidding penjualan Los Che.

Valencia sempat berhasil kembali tampil ke Liga Champions setelah kedatangan Lim. Namun, belum dapat bersaing dengan Real Madrid dan Barcelona untuk berebut gelar LaLiga.

Pada musim ini, Valencia malah harus bongkar pasang pelatih. Beberapa pemain andalan juga disebut-sebut bakal dilepas Valencia, salah satunya adalah Ferran Torres.

Kempes sebal betul dengan situasi Valencia saat ini. Dia bahkan mengecam Lim dan menilai bahwa Valencia sebelum era Lim lebih terlihat bahagia meski dalam kesulitan.

VALENCIA, SPAIN - JANUARY 04:  New owner of Valencia CF Peter Lim looks on prior to the start of the La Liga match between Valencia CF and Real Madrid CF at Estadi de Mestalla on January 4, 2015 in Valencia, Spain.  (Photo by Manuel Queimadelos Alonso/Getty Images)Pemilik Valencia Peter Lim (Foto: Getty Images/Manuel Queimadelos Alonso)

"Apakah saya percaya dari Lim? Itu pertanyaan yang cukup sulit. Kurasa tidak, saya benar-benar tidak tahu," kata Kempes kepada Radio Marca.

"Dia menunjukkan bahwa Anda tidak dapat menonton pertandingan dari jarak 12.000 kilometer dan membuat tim yang hebat, juga tidak bersaing dengan Real Madrid dan Barcelona," sambung mantan pemain Valencia itu.

"Tetapi untuk lolos ke Liga Champions, yang terhormat, Anda harus percaya pada para pemain. Valencia memiliki pasukan yang hebat, tetapi dia harus membiarkan mereka bekerja."

"Lalu jika dia harus menginvestasikan uang, maka investasikan uang. Alih-alih menyingkirkan begitu banyak pemain, mengapa tidak satu orang pergi?"

"Jual klub dan tinggalkan Valencia karena sebelumnya memang situasi buruk, tapi itu terlihat bahagia. Sekarang, itu buruk dan, yang paling penting, itu - sebuah kata yang tidak bisa saya katakan - adalah kekacauan, bisa dikatakan seperti itu," mantan pemain Pelita Jaya itu menegaskan.

Valencia musim ini sedang duduk di posisi kesembilan dengan 50 poin. Peluang mereka untuk menembus Eropa sangat kecil karena tertinggal empat angka dari Getafe di posisi keenam.



Simak Video "Benzema-Asensio Bawa Real Madrid Bungkam Valencia 3-0"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com