sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 03 Agu 2020 18:20 WIB

Barcelona: Peremajaan Skuad Sedang Berlangsung

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
VILLAREAL, SPAIN - JULY 05: Lionel Messi speaks with Gerard Pique and Luis Suarez of Barcelona during the Liga match between Villarreal CF and FC Barcelona at Estadio de la Ceramica on July 05, 2020 in Villareal, Spain. (Photo by Alex Caparros/Getty Images) Lionel Messi, Luis Suarez, dan Gerard Pique sudah berusia di atas 30 tahun, tapi masih sangat diandalkan Barcelona. (Foto: Getty Images/Alex Caparros)
Jakarta -

Barcelona memastikan punya rencana untuk menjaga tim konsisten di papan atas. Proyek peremajaan skuad sedang berlangsung.

Barcelona belakangan disoroti karena dianggap masih terlalu mengandalkan pemain-pemain yang sudah berumur. Lionel Messi, Luis Suarez, Sergio Busquets, Gerard Pique, Jordi Alba, Ivan Rakitic, dan Arturo Vidal seluruhnya sudah di atas 30 tahun.

Antoine Griezmann yang baru datang tahun lalu saja sudah 29 tahun. Bahkan rekrutan musim panas ini, yakni Miralem Pjanic, sudah berusia kepala tiga.

Di saat yang sama, Blaugrana juga dinilai tak lagi punya pemain muda yang menonjol. Kalaupun ada, praktis hanya Ansu Fati, yang diperkirakan masih menghadapi tantangan berat karena harus menembus adangan trio Messi, Suarez, Antoine Griezmann untuk sekadar tampil.

Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu memastikan klub tak melupakan rencana jangka panjang. Sudah ada sejumlah pemain muda yang direkrut dan dipromosikan dari tim junior.

Francisco Trincao (20), Matheus Fernandes (22), dan Pedri Gonzalez (17) direkrut dari klub lain dengan nilai total 43 juta euro. Sementara Araujo, Riqui Puig, dan Ansu Fati dipastikan akan jadi anggota tim senior.

Datangnya anak-anak muda ini diharapkan memperbarui semangat dan ambisi tim untuk meraih sukses ke depannya.

"Perubahan itu sedang berlangsung. Tapi bagian terindah dari sepakbola adalah memadukan mereka yang dulu datang dari akademi dan telah menghabiskan bertahun-tahun memenangi berbagai hal dengan talenta generasi berikutnya yang datang dengan ambisi juara," ungkap Bartomeu kepada Sport.

"Para pemain senior masih ambisius, saya bukan cuma berbicara tentang Leo, tapi juga Suarez, Pique, Alba, Busquets, dll. Para pemain ini sudah di usia 30 tahun, tapi kita tidak boleh lupa dengan yang lainnya seperti Lenglet, Dembele, ter Stegen, dan Semedo, yang masih muda."

"Kini tiga pemain muda lainnya masuk, termasuk Matheus, dan tiga pemain lain yang dipromosikan dari tim B. Kedatangan tujuh pemain dalam satu tahun, kalau kita memasukkan Pjanic, tidaklah buruk. Itu sepertiga skuad," imbuhnya.



Simak Video "Messi Mending ke Paris, Bukan Inggris"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com