Kluivert: Kedatangan Koeman Sangat Positif buat Barcelona

Rifqi Ardita Widianto - Sepakbola
Rabu, 19 Agu 2020 23:09 WIB
GUIMARAES, PORTUGAL - JUNE 06: Netherlands Head coach / Manager, Ronald Koeman looks on prior to the UEFA Nations League Semi-Final match between the Netherlands and England at Estadio D. Afonso Henriques on June 06, 2019 in Guimaraes, Portugal. (Photo by Dean Mouhtaropoulos/Getty Images)
Ronald Koeman resmi jadi pelatih baru Barcelona. (Foto: Dean Mouhtaropoulos/Getty Images)
Jakarta -

Patrick Kluivert menilai keputusan Barcelona memilih Ronald Koeman sebagai pelatih anyar sudah sangat tepat. Koeman tahu bagaimana situasi di klub.

Barcelona menunjuk Koeman sebagai pelatih anyar menggantikan Quique Setien pada Rabu (19/8/2020) sore WIB. Pria Belanda itu dikontrak dua tahun hingga Juni 2022.

Dipilih menukangi Barcelona adalah mimpi yang jadi nyata buat Koeman sebagai mantan pemain. Tapi di lain sisi, ada pekerjaan rumah yang besar pula untuknya.

Ia mewarisi skuad berumur, yang dalam beberapa musim terakhir mengalami pukulan psikologis. Di Liga Champions, Barcelona merasakan pahitnya comeback lawan saat menghadapi AS Roma dan Liverpool, lalu dihajar 2-8 oleh Bayern Munich di perempatfinal musim ini.

Kekalahan dari Bayern itu bahkan cuma satu dari serangkaian kegagalan yang membuat situasi di Barcelona makin runyam. Lionel Messi dkk kandas di Piala Super Spanyol, di Copa del Rey, lalu gagal juara Liga Spanyol usai disalip Real Madrid selepas lockdown.

Itu belum bicara soal konflik internal yang dalam setahun ini mengganggu fokus tim. Untungnya buat Barcelona, Koeman bukan orang yang benar-benar baru buat mereka sehingga tak ada kecanggungan di tengah situasi kacau belakangan ini.

Mantan penyerang Barcelona Patrick Kluivert menilai keputusan klub menunjuk Koeman sudah sangat tepat. Ia tahu Barcelona luar-dalam.

"Saya turut merasa senang untuk Ronald. Ini adalah mimpi yang nyata untuknya. Saya yakin ini fantastis untuknya dan Barca," ujar Kluivert kepada De Telegraaf seperti dikutip Sport.

"Saya percaya dengan kemampuannya, Ronald ada di tempat yang tepat di sini, di Barca. Dia tahu klub ini, filosofinya, dan situasi yang sedang terjadi."

"Saya percaya kedatangannya adalah sebuah hal yang sangat positif," imbuhnya.



Simak Video "Xavi: Barcelona Bukan Favorit Juara Liga Europa, Tapi Sevilla"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/raw)