sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 08 Sep 2020 21:00 WIB

Lionel Messi Selamatkan Uang Barcelona

Afif Farhan - detikSport
BARCELONA, SPAIN - DECEMBER 02: Lionel Messi of FC Barcelona runs with the ball during the La Liga match between FC Barcelona and Villarreal CF at Camp Nou on December 02, 2018 in Barcelona, Spain. (Photo by David Ramos/Getty Images) Lionel Messi Selamatkan Uang Barcelona (Getty Images)
Barcelona -

Lionel Messi yang akhirnya bertahan di Barcelona membawa dampak besar bagi klub. Khususnya, dari segi pemasukan cuan.

Setelah sekitar tiga pekan drama Lionel Messi vs Barcelona, akhirnya 'La Pulga' memilih untuk tetap di Barcelona sampai kontraknya habis di tahun 2021. Sebelumnya, dia menyatakan niat ingin hengkang.

Namun, Blaugrana mengaktifkan klausul pelepasannya. Lionel Messi boleh pergi, apabila ada klub lain yang membayar 700 juta euro atau setara Rp 12 triliun.

Klausul itu sendiri jadi perdebatan bagi dua pihak. Tapi ujung-ujungnya, tidak ada klub yang bisa membayar uang segitu banyak dan Messi tetap berseragam Barcelona.

Dilansir dari Marca, Lionel Messi yang tetap di Barcelona tentu bagus untuk tim. Messi masih punya taji untuk membawa Barcelona kembali berjaya meraih banyak gelar.

Lain sisi, Messi yang masih di Barcelona juga bagus untuk dampak keuangan. Ya, Messi sudah jadi ikonnya Barcelona dan salah satu sumber pendapatan terbesar klub.

"Messi yang bertahan, akan membawa turis untuk menyaksikan pertandingan Barcelona langsung ke stadion. Para turis rela membayar sampai 300 euro (setara Rp 5,2 juta-red) untuk membeli tiketnya," kata salah seorang pengamat bisnis dari Spanyol, Carlos Canto selaku CEO SPSG Consulting.

BARCELONA, SPAIN - MARCH 08:  Barcelona fans celebrate victory after the UEFA Champions League Round of 16 second leg match between FC Barcelona and Paris Saint-Germain at Camp Nou on March 8, 2017 in Barcelona, Spain.  (Photo by Laurence Griffiths/Getty Images)Kedatangan fans ke stadion untuk menyaksikan Messi adalah salah satu sumber pendapatan klub (Laurence Griffiths/Getty Images)

Carlos mengatakan, salah satu sumber pendapatan cuan Barcelona adalah dari turis. Tak hanya menonton ke stadion, turis-turis pun mau menjajal tur ke kandangnya Barcelona, Stadion Camp Nou dan melihat segala hal tentang Messi baik itu tempat ruang gantinya sampai membeli merchandise serba Messi!

Belum lagi, sponsor-sponsor akan mengalirkan uang ke pihak klub jika ada pemain terbaik di dunia. Maka Lionel Messi yang tetap di Barcelona, bakal membuat pemasukan uang dari sponsor terjaga.

"5 Sampai 10 persen pendapatan Barcelona adalah dari turis," tegasnya.

"Jika ada pemain terbaik di dunia bermain untuk satu klub, maka itu bagus untuk pendapatan klub juga kotanya," tutup Carlos.



Simak Video "Messi Mau Hengkang, Fans Barcelona Unjuk Rasa di Camp Nou"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/bay)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com