Wow! Camp Nou Mau Diperbesar hingga 100 Ribu Kursi

Bayu Baskoro - Sepakbola
Jumat, 09 Okt 2020 17:51 WIB
BARCELONA, SPAIN - FEBRUARY 02: General view of the stadium at sunset prior to the Liga match between FC Barcelona and Levante UD at Camp Nou on February 02, 2020 in Barcelona, Spain. (Photo by David Ramos/Getty Images)
Camp Nou akan diperbesar kapasitasnya hingga mencapai 100 ribu kursi. (Foto: Getty Images/David Ramos)
Barcelona -

Stadion Camp Nou, markas Barcelona, rencananya akan ditambah kapasitasnya hingga seratus ribu lebih kursi. Renovasi tersebut kabarnya dimulai tahun depan.

Camp Nou saat ini memiliki kapasitas sebanyak 99 ribu kursi. Jumlah tersebut menjadikan stadion yang telah berdiri sejak 1957 itu didaulat sebagai stadion terbesar di Eropa.

Melansir Reuters, Barcelona rencananya ingin menambah lagi kapasitas kursi Camp Nou guna meningkatkan pendapatan ekonomi mereka. Tidak tanggung-tanggung, Camp Nou akan diperbesar hingga dapat menampung 100.500 penonton.

Biaya untuk memperbesar kapasitas Camp Nou kabarnya mencapai angka 815 juta euro (Rp 14 triliun). Nantinya, stadion yang sudah direnovasi bisa memberi keuntungan kepada Barcelona sebesar 150 juta euro (Rp 2,6 triliun) per tahunnya.

Pihak Barcelona sudah menggandeng perusahaan Goldman Sachs sebagai mitra keuangan renovasi Camp Nou. Meski begitu, proyek yang dinamakan sebagai Espai Barca (Ruang Barca) ini perlu mendapatkan dukungan suara dari para anggota klub.

Jika proyek tersebut mendapat lampu hijau dari keanggotaan Barcelona, maka pekerjaan dapat dimulai dari Juni 2021. Penambahan kapasitas Camp Nou ini diprediksi bakal memakan waktu selama lima tahun untuk menyelesaikannya.

Jordi Moix, Wakil Presiden Barcelona, menyebut Espai Barca mutlak dilakukan untuk meningkatkan ekonomi kota dan klub. Selain itu, Camp Nou memang perlu diperbarui, mengingat sudah hampir 40 tahun tak mengalami renovasi.

"Espai Barca dibutuhkan lebih dari sebelumnya karena COVID-19. Ini adalah cara untuk menggerakkan kembali ekonomi kota dan klub, serta menghasilkan pendapatan baru," kata Moix kepada Reuters.

"Kami memiliki stadion yang mana tidak ada hal baru yang dilakukan sejak 1982. Nantinya akan ada banyak kegiatan dan potensi pendapatan yang dihasilkan dari stadion baru yang tidak kami miliki sekarang," ujarnya soal renovasi Camp Nou.

(bay/mrp)