Barcelona Belum Pernah Seburuk Ini dalam 32 Tahun

Okdwitya Karina Sari - Sepakbola
Minggu, 06 Des 2020 11:06 WIB
Barcelonas Lionel Messi reacts after Cadiz scored a goal during the Spanish La Liga soccer match between Cadiz and FC Barcelona at the Ramon Carranza stadium in Cadiz, Spain, Saturday Dec. 5, 2020. (AP Photo/Alvaro Rivero)
Barcelona menjalani start terburuk di LaLiga dalam 32 tahun. (Foto: AP/Alvaro Rivero)
Cadiz -

Barcelona kembali mengukir torehan buruk usai dipermalukan tim promosi Cadiz 1-2. Barcelona mencetak rekor poin terendahnya dalam 32 tahun.

Memainkan pertandingan LaLiga di Estadion Ramon de Carranza, Minggu (6/12/2020) dinihari WIB, Barca dikejutkan dengan gol cepat tim tuan rumah. Alvaro Gimenez langsung menjebol gawang Marc-Andre ter Stegen di menit kedelapan.

Setelah half-time, Barcelona menyamakan skor usai diuntungkan dengan gol bunuh diri Pedro Alcala. Namun, Alvaro Negredo menentukan nasib Blaugrana setelah golnya di menit ke-63 memastikan kemenangan Cadiz.

Dengan kekalahan ini, Barcelona bertengger di peringkat ketujuh klasemen usai mengumpulkan 14 poin. Lionel Messi cs tertinggal 12 poin dari Atletico Madrid di puncak dan hanya berjarak tiga poin dari zona degradasi.

Statistik Opta juga menyebutkan, 14 poin yang diperoleh Barcelona itu menandai start terburuk klub dalam 10 pertandingan pertama dalam semusim, sejak hanya mencetak 13 poin pada musim 1987/88.

Kekalahan dari Cadiz menjadi yang keempat bagi Barca di LaLiga musim ini. Sebelumnya, Los Cules tumbang di tangan Getafe 0-1, Real Madrid 1-3, dan Atletico 0-1, serta dua kali meraih hasil seri kala menghadapi Sevilla 1-1 dan Deportivo Alaves dengan skor serupa.

"Ini adalah sebuah langkah mundur yang sangat besar untuk bersaing demi gelar LaLiga. Saya sangat kecewa. Mereka [Atletico Madrid] memiliki banyak keunggulan poin. Kalau kami tidak meningkatkan sikap kami di laga-laga tandang, tidak ada yang bisa dikatakan lagi," sungut pelatih Barcelona Ronald Koeman usai pertandingan.

Barcelona kini mesti menghadapi Juventus di laga terakhir fase grup Liga Champions di tengah pekan depan, sebelum melanjutkan kiprahnya di kompetisi domestik dengan menjamu tim papan bawah Levante.

(rin/aff)