sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 22 Jan 2021 11:40 WIB

Barcelona Latihan Penalti Lagi Yuk!

Novitasari Dewi Salusi - detikSport
Barcelonas Ousmane Dembele attempts and fails to score a penalty shot during a Spanish Copa del Rey round of 32 soccer match between Cornella and FC Barcelona at the Nou Municipal stadium in Cornella, Spain, Thursday, Jan. 21, 2021. (AP Photo/Joan Monfort) Ronald Koeman menyoroti buruknya rekor penalti Barcelona pada musim ini (Foto: AP/Joan Monfort)
Cornella -

Ronald Koeman tak cuma kesal karena Barcelona buang-buang kesempatan mencetak gol di Copa del Rey. Dia juga menyoroti jeleknya rekor penalti Barcelona.

Barcelona harus bersusah payah untuk lolos ke babak 16 besar Copa del Rey. Bertanding melawan tim divisi 3, Cornella, di Nuevo Municipal de Cornella, Jumat (22/1/2021) dini hari WIB, Barcelona dipaksa main hingga babak perpanjangan waktu sebelum akhirnya menang 2-0.

Pertandingan ini diwarnai eksekusi penalti yang gagal oleh pemain Barcelona. Tak cuma satu, tapi dua kali pemain Barcelona gagal memaksimalkan penalti yang didapat.

Yang pertama, Barcelona dapat penalti pada menit ke-38 setelah Albert Estelles melanggar Ronald Araujo. Miralem Pjanic maju sebagai eksekutor penalti, tapi tendangannya terbaca oleh kiper Cornella, Ramon Juan, dan dihalau.

Barcelona mendapat penalti kedua pada menit ke-78. Kali ini Ousmane Dembele yang jadi eksekutor. Tapi, lagi-lagi tak menghasilkan gol karena tendangan Dembele bisa diantisipasi oleh Ramon Juan.

Dua kegagalan itu memperpanjang catatan buruk Barcelona terkait penalti pada musim ini. Dilansir oleh Gracenote, empat penalti terakhir Barcelona di waktu normal gagal dikonversi jadi gol.

Secara keseluruhan, ada 17 penalti yang dieksekusi pemain-pemain Barcelona di semua kompetisi musim ini, termasuk dalam adu penalti. Dari 17 penalti itu, ada tujuh yang gagal diubah jadi gol.

Bahkan Lionel Messi pun pernah gagal dalam mengeksekusi penalti. Itu terjadi saat Barcelona diimbang Valencia 2-2 di Liga Spanyol pada Desember lalu.

Selain Messi, Pjanic, dan Dembele, pemain Barcelona lain yang eksekusi penaltinya gagal pada musim ini adalah Martin Braithwaite, Antoine Griezmann, dan Frenkie de Jong.

Buruknya rekor penalti Barcelona musim ini jadi perhatian Ronald Koeman. Koeman, yang memegang rekor penalti sukses di LaLiga saat jadi pemain (25 penalti beruntun), sadar betul timnya harus mengasah tendangan penalti.

"Tak ada tekanan besar saat mengeksekusi penalti karena tidak ada penonton. Anda perlu kepala dingin," ujar Koeman seperti dilansir Marca.

"Selain Leo (Messi), kami tidak punya pemain lain yang menunjukkan mereka bisa mencetak banyak gol penalti. Kami harus lebih banyak berlatih dan bicara untuk mengasahnya."

"Itu bisa saja karena rasa takut, saya tidak benar-benar tahu kenapa banyak penalti kami yang gagal. Sebagai pemain Barcelona, Anda tidak boleh gagal di dua penalti. Ini serius," kata Koeman.

(nds/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com