sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Sabtu, 23 Jan 2021 09:30 WIB

Drama Baru Barcelona: Bakal Hadapi Quique Setien di Pengadilan

Yanu Arifin - detikSport
Barcelonas head coach Quique Setien, center, talks with Barcelonas Ivan Rakitic during a Spanish La Liga soccer match between RC Celta and Barcelona at the Balaidos stadium in Vigo, Spain, Saturday, June 27, 2020. (AP Photo/Lalo Villar) Quique Setien saat melatih Barcelona musim lalu. (Foto: Lalo Villar/AP Photo)
Barcelona -

Ada drama terbaru dari Barcelona. Raksasa Liga Spanyol itu kabarnya siap berunding di pengadilan dengan Quique Setien, bekas pelatihnya. Ada apa?

Dilansir Marca, Barcelona siap menghadapi Setien di pengadilan, buntut pemecatan sang pelatih musim lalu. Klub dikabarkan menolak membayar kompensasinya, yang disebut-sebut sebesar 3,5 juta euro, atau sekitar Rp 60 miliar.

Barcelona diklaim akan menyeretnya ke pengadilan, dan mempertanyakan balik kredibilitas Setien. Sang pelatih dinilai tidak kompeten melatih Lionel Messi dkk.

Setien sendiri ditunjuk jadi pelatih Barcelona pada Januari 2020, menggantikan Ernesto Valverde. Setien pada akhirnya dipecat, karena gagal membawa trofi ke klub.

Musim lalu, Barcelona gagal di semua ajang bersama Setien. Messi dkk finis kedua di Liga Spanyol, tersingkir di perempatfinal Copa del Rey, kemudian dibantai di Liga Champions oleh Bayern Munich 2-8, yang menjadi laga penutup musimnya.

Menurut laporan Cadena Ser, Barcelona telah mengirim surat kepada Quique Setien yang menjelaskan mereka tidak akan membayar sisa kompensasinya. 'Dia tidak punya kemampuan atau sikap untuk melatih tim,' demikian alasan Barcelona.

Barcelona, dalam penjelasannya, juga menuding Setien tidak banyak berpengaruh di klub. Malah asistennya, Eder Sarabia, yang disebut lebih banyak mengambil alih pertandingan dan sesi latihan Blaugrana.

Setien sendiri sempat mengaku memang kesulitan melatih di Barcelona, khususnya menangani Messi. Superstar asal Argentina itu diklaim sulit diatur karena klub membiarkannya bertahun-tahun.

"Leo sulit diatur. Siapakah saya yang akan mengubahnya jika mereka menerima dia apa adanya selama bertahun-tahun dan tidak mengubahnya? Ada aspek lain di luar pemain dan lebih sulit untuk dikelola. Jauh lebih sulit," kata Setien kepada El Pais beberapa waktu lalu.

Situasi ini bisa berdampak negatif pada kiprah Barcelona, yang masih kesulitan bersama Ronald Koeman---suksesor Setien. Musim ini, Barcelona masih berada di posisi tiga klasemen Liga Spanyol, dan baru saja gagal meraih trofi Piala Super Spanyol.

(yna/ran)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com