Bilbao Langsung Dua Final Copa del Rey, Lawan Sociedad dan Barca!

Randy Prasatya - Sepakbola
Jumat, 05 Mar 2021 14:03 WIB
VALENCIA, SPAIN - MARCH 04: Raul Garcia of Athletic Club celebrates with teammate Iker Muniain after scoring his teams first goal during the Copa del Rey Semi Final Second Leg match between FC Levante and Athletic Club at Ciutat de Valencia on March 04, 2021 in Valencia, Spain. Sporting stadiums around Spain remain under strict restrictions due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in games being played behind closed doors. (Photo by David Ramos/Getty Images)
Athletic Bilbao ke final Copa del Rey untuk kedua kalinya secara beruntun. (Foto: Getty Images/David Ramos)
Jakarta -

Athletic Bilbao baru saja mengunci tiket ke final Copa del Rey usai menyingkirkan Levante. Alhasil, ada dua final di ajang tersebut yang bakal dijalani Bilbao.

Bilbao bertandang ke markas Levante dalam leg kedua semifinal Copa del Rey, Jumat (5/3/2021) dini hari WIB. Bilbao memenangi laga ini dengan skor 2-1.

Tim tamu tertinggal lebih dulu lewat gol Roger Marti di menit ke-17. Raul Garcia kemudian menyamakan skor menjadi 1-1 di menit ke-30 lewat eksekusi penalti.

Skor tersebut bertahan hingga waktu normal dan duel terpaksa berlanjut ke 2x15 setelah pada leg pertama tuntas 1-1. Bilbao mencetak gol kemenangan di menit ke-112 lewat Alex Berenguer.

Bilbao selanjutnya menantang Barcelona di babak final Copa del Rey musim ini, yang sehari sebelumnya menyingkirkan Sevilla. Bilbao vs Barcelona dijadwalkan bergulir pada 17 April 2021 di Estadio La Cartuja, Seville.

Itu juga menjadi final kedua bagi Bilbao secara beruntun. Sebelumnya, Bilbao mengantongi tiket ke final Copa del Rey 2019/2020 melawan Real Sociedad.

Pertandingan tersebut harusnya bergulir pada 18 April 2020, namun ditunda karena pandemi virus Corona. Pada penjadwalan terbaru, duel Sociedad vs Bilbao digelar pada 3 April 2021 di tempat yang sama. Dengan kata lain, dalam satu bulan April mendatang Bilbao langsung memainkan dua final Copa del Rey!

Sebelum dua final di bulan depan, Bilbao sudah 37 kali berada di laga puncak Copa del Rey. Ada 23 kali tuntas sebagai juara dan 14 laga lainnya menjadi runner-up.

"Para pemain ini telah membuat sejarah bagi Athlelic Bilbao dan terkadang itu hanya terjadi sekali seumur hidup. Mereka harus memanfaatkan momen sebaik-baiknya dan mereka melakukannya," kata Marcelino Garcia Toral seperti dikutip dari situs resmi klub.

"Saya hanya akan memberitahu mereka (fans) untuk menikmati ini, untuk menjalaninya dengan semangat dan antusiasme. Mereka punya banyak alasan untuk bangga dengan Klub ini dan para pemain ini. Semoga kami bisa memberi mereka lebih banyak kegembiraan," tegasnya.

(ran/krs)