Barcelona Belum Kalah di LaLiga 2021, Ini Rahasianya

Novitasari Dewi Salusi - Sepakbola
Kamis, 08 Apr 2021 20:40 WIB
BARCELONA, SPAIN - MARCH 15: Oscar Mingueza of FC Barcelona celebrates with team mates (L - R) Ousmane Dembele, Jordi Alba and Lionel Messi after scoring their sides third goal during the La Liga Santander match between FC Barcelona and SD Huesca at Camp Nou on March 15, 2021 in Barcelona, Spain. Sporting stadiums around Spain remain under strict restrictions due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in games being played behind closed doors. (Photo by David Ramos/Getty Images)
Barcelona belum terkalahkan di Liga Spanyol di sepanjang 2021 (Foto: Getty Images/David Ramos)
Jakarta -

Barcelona melaju sangat kencang di LaLiga sejak pergantian tahun. Menurut Frenkie De Jong, ini rahasia di balik tren positif Barcelona.

Barcelona sedang dalam momentum yang bagus di Liga Spanyol. Sejak awal tahun 2021, Lionel Messi dkk belum tersentuh kekalahan di LaLiga.

Dalam 14 pertandingan di Liga Spanyol yang dimainkan sejak pergantian tahun, Barcelona cuma satu kali kehilangan poin. Mereka membukukan 13 kemenangan dan satu hasil imbang.

Jika ditarik lebih jauh, laju tersebut dimulai sejak pertengahan Desember. Dalam 19 pertandingan terakhir di Liga Spanyol, pasukan Ronald Koeman itu meraih 16 kemenangan dan tiga hasil imbang.

Laju tersebut jauh berbeda jika dibandingkan dengan start Barcelona di awal musim 2020/2021. Setelah melewati musim panas yang 'gaduh' menyusul keinginan Lionel Messi untuk hengkang dan pergantian pelatih, Barcelona memulai musim dengan kurang konsisten.

Dalam 10 pertandingan pertama di Liga Spanyol, Barcelona sudah kalah empat kali, imbang dua kali, dan cuma menang empat kali. Rangkaian hasil-hasil itu sempat membuat Barcelona terperosok ke papan tengah klasemen Liga Spanyol.

Kini, berkat laju kencang sejak pergantian tahun, Barcelona sudah mendekati Atletico Madrid di puncak klasemen Liga Spanyol. Blaugrana ada di peringkat kedua dengan 65 poin dan cuma tertinggal satu angka dari Atletico.

Gelandang Barcelona Frenkie De Jong menyebut timnya memang masih perlu beradaptasi di awal musim. Seiring dengan berjalannya waktu, Barcelona makin nyetel dan makin percaya diri.

"Sejak awal musim kami harus membiasakan diri dengan banyak hal. Tidak ada pramusim dan mereka mengubah banyak hal di tim, skuad, dan klub," ujar Frenkie De Jong dalam sesi wawancara dengan sejumlah media Asia, termasuk detikSport, lewat Zoom, Kamis (8/4/2021).

"Saya kira sekarang kami makin terbiasa satu sama lain dan di satu titik kami mulai menang dan mendapat kepercayaan diri. Menurut saya itu sangat penting," kata Frenkie De Jong.

Barcelona selanjutnya sudah ditunggu laga El Clasico melawan Real Madrid di Liga Spanyol. Duel Madrid vs Barcelona akan digelar di Estadio Alfredo Di Stefano, Minggu (11/4/2021) dini hari WIB.

(nds/krs)