LaLiga Tak Temukan Bukti Ucapan Rasis di Laga Cadiz Vs Valencia

Adhi Prasetya - Sepakbola
Jumat, 09 Apr 2021 21:20 WIB
Cadiz vs Valencia, Minggu (4/4/2021).
Situasi saat pemain Valencia meninggalkan lapangan. Foto: Twitter @valenciacf_en
Jakarta -

LaLiga telah melakukan investigasi dugaan rasis Juan Cala kepada Mouctar Diakhaby di laga Cadiz vs Valencia. Kesimpulan operator Liga Spanyol itu, tak ada ucapan rasis yang keluar dari mulut Cala.

Dilaporkan AS, Marca, dan Sky Sports, LaLiga menggunakan arsip audio visual, rekaman audio pertandingan, gambar siaran pertandingan, serta gambar yang beredar di media sosial untuk mencari bukti.

Selain itu, mereka juga mengundang sejumlah ahli. Tak cuma untuk mendengarkan suara percakapan, namun juga membaca gerak bibir pemain yang terlibat.

Mouctar Diakhaby, Juan CalaMouctar Diakhaby (kiri) dan Juan Cala (tengah). Foto: AS

Menurut para ahli tersebut, tak terdengar ucapan 'orang hitam sialan' saat Cala berbicara pada Diakhaby. Para ahli itu mengungkapkan, kemungkinan yang diucapkan Cala adalah 'sialan', 'tinggalkan aku sendiri', dan 'jangan marah'.

Hasil investigasi ini juga sudah dikabarkan kepada Cadiz dan Valencia. Dengan hasil ini, dapat diperkirakan LaLiga tak akan menghukum Cala atas dugaan yang menjeratnya. Cadiz juga dilaporkan tak akan menuntut Valencia atas masalah ini.

Meski demikian, kasus ini tak sepenuhnya ditutup. Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) masih terus menginvestigasi kasus ini, dan belum mengumumkan hasilnya.

Sebelumnya, dalam laga jornada ke-29 Liga Spanyol antara Cadiz vs Valencia yang berlangsung di Estadio Ramon de Carranza, Minggu (4/4/2021), Valencia sempat mogok bermain di menit ke-30.

Hal itu dilakukan setelah Diakhaby mengaku menerima ucapan 'orang hitam sialan' dari Cala saat keduanya berseteru. 20 menit lamanya Valencia berada di ruang ganti, sebelum akhirnya melanjutkan pertandingan.

Cala sendiri sempat menggelar jumpa pers pada Selasa (6/4) untuk memberi bantahan, bahkan menuduh Diakhaby mengarang cerita. Valencia mengecam langkah itu, menyayangkan tindakan Cala yang tak mau mengaku.

(adp/krs)