Xavi Sudah Siap Latih Barcelona

Novitasari Dewi Salusi - Sepakbola
Jumat, 11 Jun 2021 02:00 WIB
DOHA, QATAR - DECEMBER 05:  Generation Amazing Ambassador, Xavi Hernandez speaks on day two of the Soccerex Asia on December 5, 2016 in Doha, Qatar.  (Photo by Tom Dulat/Getty Images)
Xavi Hernandez mengaku sudah siap jadi pelatih Barcelona (Foto: Getty Images/Tom Dulat)
Jakarta -

Xavi Hernandez mengaku sudah siap menjadi pelatih Barcelona. Xavi menunggu panggilan dari mantan klubnya itu.

Xavi, yang kini melatih Al Saad, sudah kerap dikabarkan akan kembali ke Barcelona. Blaugrana beberapa kali dikabarkan mengincar mantan gelandangnya itu untuk jadi pelatih.

Terakhir, Xavi sempat digosipkan jadi salah satu opsi Barcelona untuk menggantikan Ronald Koeman musim panas ini. Namun, Barcelona pada akhirnya memutuskan untuk mempertahankan pelatih asal Belanda itu.

Xavi menyebut menjadi pelatih Barcelona adalah impiannya. Meski demikian, dia mengaku belum pernah dihubungi oleh Joan Laporta maupun petinggi Barcelona soal menjadi pengganti Koeman.

"Saya selalu ada di bursa. Klub memutuskan untuk lanjut dengan Koeman dan saya doakan yang terbaik. Dalam empat bulan terakhir, saya tidak ada kontak dengan (Laporta) atau siapa pun dari dewan klub," ujar Xavi seperti dilansir ESPN.

"Saya tidak tahu kapan momen itu akan tiba, tapi kembali ke Barca suatu hari nanti akan jadi mimpi yang jadi nyata buat saya. Sejujurnya saya tidak terburu-buru, tapi saya harap itu terjadi

Xavi menepis anggapan bahwa dia belum siap dan tak punya cukup pengalaman untuk menangani klub sekaliber Barcelona. Sejauh ini, pengalaman melatihnya adalah bersama klub Qatar, Al-Sadd, sejak 2019.

"Saya mengerti orang-orang mungkin berpikir saya tidak siap, tapi saya ingin menegaskan kalau saya siap," ucap Xavi.

"Saya mengenal klubnya, lingkungannya... saya pelatih di level profesional, bukan anak-anak, dan saya merasa siap. Orang-orang juga mengkritik (Pep) Guardiola dan (Zinedine) Zidane sebelum mereka memimpin Barca dan Real Madrid."

"Tapi sekarang pelatihnya adalah Koeman dan Anda harus menghormati itu. Saya tidak mau terus-terusan ada perdebatan soal itu," kata Xavi.

(nds/bay)