Dampak Buruk Gareth Bale buat Trio Brasil Real Madrid

Kris Fathoni W - Sepakbola
Minggu, 18 Jul 2021 12:00 WIB
Real Madrids Vinicius Junior reacts during the Champions League, round of 16, second leg soccer match between Atalanta and Real Madrid at the Alfredo di Stefano stadium in Madrid, Spain, Tuesday, March 16, 2021. (AP Photo/Bernat Armangue)
Vinicius, salah satu pemain Brasil di Real Madrid yang bisa terdampak kembalinya Bale. (Foto: AP/Bernat Armangue)
Jakarta -

Kembalinya Gareth Bale ke Real Madrid musim panas ini dispekulasikan turut memunculkan masalah, yang turut melibatkan tiga pemain asal Brasil di klub tersebut.

Bale telah selesai menjalani masa peminjaman di mantan klubnya, Tottenham Hotspur. Musim panas ini, pemain asal Wales itu kembali ke Real Madrid.

Namun, kembalinya Bale sudah memunculkan masalah di tubuh Real Madrid terkait dengan regulasi pemain asing yang turut bikin Vinicius Junior, Rodrygo, dan Eder Militao terimbas.

Federasi Sepakbola Spanyol memiliki restriksi maksikal tiga pemain di luar Uni Eropa (UE) yang dapat didaftarkan oleh masing-masing skuad. Setelah Inggris Raya keluar dari Uni Eropa selepas periode transisi sampai 31 Desember 2020, federasi sepakbola Spanyol membuat kesepakatan dengan klub bahwa pemain Inggris Raya masih berstatus UE sampai akhir musim lalu.

Menurut AS, kesepakatan itu kini sudah berakhir sehingga membuat pemain seperti Gareth Bale di Real Madrid dan Kieran Tripper di Atletico Madrid harus didaftarkan di dalam skuad sebagai pemain di luar Uni Eropa -- yang jumlahnya cuma dibatasi tiga.

Ada pengecualian buat beberapa pemain Amerika Selatan, karena memang ada peraturan yang bikin mereka mendapatkan kewarganegaraan Spanyol usai tinggal paling tidak dua tahun di negara itu. Hal ini bikin Casemiro di Real Madrid, dan Luis Suarez dan Angel Correa di Atletico dapat didaftarkan sebagai pemain Uni-Eropa.

Disebutkan pula bahwa trio Brasil di Real Madrid, yakni Vinicius, Rodrygo, dan Militao masih menunggu apakah permohonan mereka diterima oleh federasi. Kembalinya Bale pun akan bikin El Real mesti putar otak mengatur registrasi skuad.

Salah satu spekulasi yang muncul adalah Rodrygo, yang digaet seharga 45 juta euro pada 2019, mungkin akan dimainkan di tim cadangan Real Madrid yang saat ini berkiprah di divisi ketiga liga domestik. Ia masih bisa diturunkan di Liga Champions.

Mengutip SportBible, ada pula rumor lain yang menyebut bahwa Real Madrid juga sudah coba menawarkan Vinicius ke Manchester United seharga 68,5 juta paun. Tapi the Red Devils lebih menyukai peminjaman dengan opsi pembelian.

Selain Gareth Bale dan ketiga pemain Brasil itu, Real Madrid juga masih memiliki pemain non-Uni Eropa lain seperti Takefusa Kubo dan Reinier. Keduanya diduga bakal dipinjamkan oleh Real Madrid sehingga tak perlu didaftarkan ke skuadnya musim depan.

(krs/yna)