Barcelona kok Belum Umumkan Messi Bertahan?

Putra Rusdi K - Sepakbola
Rabu, 21 Jul 2021 16:15 WIB
BARCELONA, SPAIN - MAY 16: Lionel Messi of FC Barcelona looks on during the La Liga Santander match between FC Barcelona and RC Celta at Camp Nou on May 16, 2021 in Barcelona, Spain. Sporting stadiums around Spain remain under strict restrictions due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in games being played behind closed doors.  (Photo by David Ramos/Getty Images)
Barcelona belum mengumumkan bahwa Lionel Messi bertahan di Camp Nou (Foto: Getty Images/David Ramos)
Barcelona -

Lionel Messi disebut sepakat menandatangani kontrak baru di Barcelona. Namun, El Barca tak kunjung mengumumkan Messi bertahan. Lalu, apa yang terjadi?

Messi sempat berstatus free transfer usai kontraknya di Barcelona habis akhir Juni lalu. Namun kini, ia dikabarkan bakal tetap bertahan di Barcelona.

Laporan dari beberapa sumber menyebut Messi telah sepakat menandatangani kontrak baru di Barcelona. Ia disebut bakal diikat kontak baru selama lima tahun oleh Blaugrana.

Meski kubu Messi dan Barcelona sudah mencapai kata sepakat, El Barca hingga saat ini belum juga mengumumkan secara resmi La Pulga bakal tetap di Camp Nou. Lalu, apa yang sebenarnya terjadi hingga hal tersebut terjadi?

Krisis keuangan yang menimpa Barcelona menjadi sebab utamanya. Messi tak bisa didaftarkan oleh Barcelona karena pembatasan gaji yang dilakukan LaLiga.

Messi memang dikabarkan bersedia untuk mendapatkan pemotongan gaji sebesar 50 persen dalam kontrak barunya. Namun, hal ini belum sepenuhnya mengatasi masalah finansial yang dihadapi Barcelona.

Diungkap oleh Guardian, Barcelona memiliki utang sebesar 1,173 miliar euro. Untuk mengatasi persoalan ini Barcelona meminjam uang sebesar 525 juta euro dari Goldman Sachs.

Para pemain Barcelona juga menerima pemotongan gaji sebesar sejak November. Upaya pemotongan gaji ini tak sepenuhnya efektif.

Presiden Barcelona, Joan Laporta, mengatakan bahwa gaji pemain Barcelona saat ini jumlah 110 persen lebih banyak dari pendapatan klub. Laporta secara blak-blakan mengakui bahwa Barcelona tak mematuhi aturan financial fair play.

Barcelona kini harus melego para pemain bergaji tinggi demi mematuhi aturan pembatasan gaji LaLiga. Setelah itu, mereka baru bisa mendaftarkan Messi dengan kontrak baru yang mengikatnya.



Simak Video "Messi Cetak Gol, Argentina ke Semifinal Usai Bungkam Ekuador"
[Gambas:Video 20detik]
(pur/aff)