2 Opsi Messi yang Kabarnya Terancam Tak Main Sampai Januari

Kris Fathoni W - Sepakbola
Sabtu, 24 Jul 2021 17:05 WIB
BARCELONA, SPAIN - MAY 08: Lionel Messi of FC Barcelona looks on during the La Liga Santander match between FC Barcelona and Atletico de Madrid at Camp Nou on May 08, 2021 in Barcelona, Spain. Sporting stadiums around Spain remain under strict restrictions due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in games being played behind closed doors. (Photo by David Ramos/Getty Images)
2 Opsi Messi yang Kabarnya Terancam Tak Main Sampai Januari. Foto: Getty Images/David Ramos
Jakarta -

Lionel Messi menghadapi situasi tak pasti di Barcelona saat ini, bahkan ada spekulasi ia bisa tak main sampai Januari. Terkait itu, Messi punya 2 opsi.

Kontrak La Pulga dengan Barca sudah habis. Sejauh ini Messi terindikasi ingin bertahan di Barcelona, tapi pembahasan kontrak baru tampaknya belum menemui kata sepakat.

Sudah begitu, kondisi finansial Barcelona membuat situasi ini jadi kian rumit. Masalah keuangan yang membelit Barca bikin mereka harus melakukan sejumlah hal agar bisa memenuhi batas pengeluaran yang sudah ditetapkan otoritas LaLiga untuk musim depan.

Maka, selain memotong gaji pemain-pemain mahalnya, sejumlah pemain lain seperti Antoine Griezmann, Philippe Coutinho, Neto, Miralem Pjanic, dan Samuel Umtiti kabarnya juga akan dilego demi aspek finansial.

Namun, sejauh ini proses itu tampaknya tak berlangsung mulus. Sampai-sampai ESPN mengabarkan bahwa jika Barca tidak bisa memenuhi syarat keuangan LaLiga, klub Catalan itu "berisiko tak bisa mendaftarkan kontrak baru Messi, atau juga mendaftarkan rekrutan barunya yakni Memphis Depay, Sergio Aguero, Eric Garcia, dan Emerson Royal."

Dalam skenario tersebut, andaikata Barcelona gagal mendaftarkan kontrak baru Lionel Messi pada saat tenggat 31 Agustus, megabintang asal Argentina itu berkemungkinan tidak bisa bermain sampai dengan dibukanya jendela registrasi berikutnya pada bulan Januari.

Sehubungan dengan itulah Football Espana menegaskan dua opsi paling realistis buat Messi saat ini. Yang pertama tentu saja adalah ia buru-buru pindah ke klub lain sebelum jendela transfer musim panas ditutup sehingga bisa didaftarkan klub barunya itu sebelum otoritas liga setempat menutup peluang registrasi pemain baru.

Opsi kedua, yang bisa jadi alternatif bagi Lionel Messi jika memang hendak bertahan di Barcelona, adalah segera menyepakati dan menandatangani kontrak baru dengan gaji yang jauh lebih rendah, dan masih masuk restriksi anggaran klub tersebut. Dengan begitu, kontrak Messi bisa langsung Barca daftarkan ke otoritas LaLiga sehingga memastikan partisipasinya.

(krs/nds)