4 Klub yang Bisa Jadi Destinasi Baru Lionel Messi

Tim detikcom - Sepakbola
Jumat, 06 Agu 2021 14:00 WIB
Barcelonas Lionel Messi reacts after a missed scoring opportunity during the Champions League, round of 16, second leg soccer match between Paris Saint-Germain and FC Barcelona at the Parc des Princes stadium in Paris, Wednesday, March 10, 2021. (AP Photo/Christophe Ena)
Lionel Messi resmi berpisah dengan Barcelona. (Foto: AP/Christophe Ena)
Barcelona -

Lionel Messi resmi mengakhiri pengabdiannya bersama Barcelona. Berikut ini 4 klub yang bisa menjadi tempat persinggahan baru La Pulga.

Messi dan Barcelona dipastikan berpisah pada Jumat (6/8/2021). Bintang Argentina itu tak bisa lagi memperkuat Blaugrana lantaran terganjal aturan LaLiga terkait batas gaji pemain.

Kesepakatan tersebut sekaligus mengakhiri perjalanan Messi bersama Barcelona yang telah terjalin sejak awal milenium baru. Mulai dari jenjang akademi hingga ke tim senior.

Di level senior, Messi telah menyumbang 672 gol dan 35 trofi untuk Barcelona. Dia juga mencatatkan diri sebagai top skor Los Cules dan LaLiga sepanjang masa.

Sampai saat ini, Lionel Messi masih berstatus free transfer dan belum memilih klub barunya. Dirangkum detikSport dari berbagai sumber, berikut ini 4 tim yang bisa menjadi tujuan anyar peraih enam Ballon d'Or tersebut:

1. Paris Saint-Germain

PSG menjadi klub terdepan yang mengincar jasa Messi. Les Parisiens sudah memantau bintang 34 tahun itu selama satu tahun terakhir, ketika masa depan Messi di Barcelona terus dispekulasikan.

Secara finansial, PSG menjadi salah satu tim yang mampu menggelontorkan 30 juta euro untuk menggaji Messi. La Pulga juga bakal lebih mudah beradaptasi di Parc des Princes, mengingat ada beberapa pemain Argentina lainnya di sana seperti Angel Di Maria dan Leandro Paredes.

Tidak hanya itu, Messi bakal bertemu kembali dengan Neymar apabila bergabung ke PSG. Keduanya merupakan mantan tandem mematikan Barcelona yang masih menjalin persahabatan erat hingga sekarang.

2. Manchester City

Selain PSG, Man City menjadi klub lain yang kabarnya berminat mendatangkan Messi. Dengan kekuatan uang City Football Group yang dikuasai perusahaan milik Sheikh Mansour, bukan hal yang sulit buat The Citizens memberi upah Messi.

Man City memiliki poin lebih dengan adanya Pep Guardiola sebagai manajer tim. Juru taktik Spanyol itu pernah membesut Messi semasa menangani Barcelona pada 2008-2012, serta meraih sukses bersama-sama di periode tersebut.

Kendati demikian, keinginan Man City untuk menggaet Messi kabarnya mulai surut, menyusul kedatangan Jack Grealish seharga 100 juta paun. Eks pemain Aston Villa itu juga sudah diberi nomor punggung keramat 10 oleh The Sky Blues.

3. Newell's Old Boys

Newell's Old Boys adalah klub masa kecil Messi. La Lepra adalah tim yang menemukan bakat La Pulga ketika sang pemain masih hidup susah di kampung halamannya, Rosario, Argentina.

Messi sendiri sempat mengutarakan mimpinya untuk kembali bermain dengan seragam Newell's Old Boys. Meski begitu, dia masih harus mempertimbangkan keinginannya itu dengan matang, serta perlu membahasnya dengan keluarga.

"Saya memiliki impian untuk bisa bermain buat Newell's di Argentina. Namun, saya tidak tahu apakah itu benar-benar akan terjadi karena saya memiliki keluarga yang keinginannya harus saya dahulukan," ujar Messi pada 2019, dikutip dari TyC Sports.

Lionel Messi melakukan selebrasi menggunakan jersey Diego Maradona di laga Barcelona vs Osasuna, Minggu 29 November 2020.Lionel Messi melakukan selebrasi menggunakan jersey Newell's Old Boys. (Foto: dok. Barcelona)

4. Inter Miami

Messi mengakui bahwa dirinya tertarik menjajal kompetisi Liga Amerika Serikat (MLS). Hal tersebut diutarakan dia pada akhir tahun 2020 ketika masih berseragam Barcelona.

"Saya selalu mengatakan bahwa saya ingin merasakan liga Amerika Serikat. Tapi itu bukan untuk saat ini, ya," kata Messi kepada La Sexta.

Inter Miami menjadi klub MLS yang paling sering dikaitkan dengan Lionel Messi. Tim yang dimiliki David Beckham bahkan diklaim sudah berbicara dengan ayah Messi, Jorge Messi, untuk merealisasikan transfer tersebut.

(bay/krs)