Jika Messi Tetap di Barca: Gaji Dua Musim Dicicil Lima Tahun

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Sabtu, 07 Agu 2021 06:35 WIB
BARCELONA, SPAIN - MAY 16: Lionel Messi of FC Barcelona reacts during the La Liga Santander match between FC Barcelona and RC Celta at Camp Nou on May 16, 2021 in Barcelona, Spain. Sporting stadiums around Spain remain under strict restrictions due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in games being played behind closed doors.  (Photo by David Ramos/Getty Images)
Lionel Messi sejatinya mau tetap di Barcelona meski cuma digaji dua tahun (Getty Images/David Ramos)
Barcelona -

Joan Laporta selaku presiden Barcelona menyesali kegagalan mempertahankan Lionel Messi. Padahal Messi mau dikontrak lima tahun meski cuma mendapat gaji dua tahun.

Messi mengakhiri spekulasi masa depannya setelah Barcelona menyebut tidak bisa mendaftarkan pemain Argentina itu untuk musim 2021/2022. Barcelona terbelit krisis finansial di masa pandemi virus corona.

Hal itu membuat Barcelona tidak bisa bergerak bebas karena pembatasan tagihan gaji. Untuk saat ini, tagihan gaji Barcelona sudah menghabiskan 110 persen dari total pendapatan selama setahun.

Dengan pemasukan seret, maka Barcelona mau tak mau harus memangkas pengeluaran di sektor gaji pemain. Sekalipun Messi tidak jadi lanjut, persentasenya cuma turun ke angka 95 persen.

Ini membuat Barcelona harus memangkas gaji para pemain top lainnya, bahkan jika harus melepas beberapa di antaranya seperti Philippe Coutinho, Samuel Umtiti, Miralem Pjanic, atau Antoine Griezmann.

Barcelona memang tak punya pilihan selain merelakan kepergian Messi. Padahal Messi sebenarnya sudah setuju untuk dipangkas gajinya menjadi 50 persen, dari 1,3 juta euro menjadi 650 ribu euro per pekan, belum dipotong pajak.

Bahkan Lionel Messi rela hanya menerima besaran gaji dua tahun untuk membayar kontrak baru yang bedurasi sampai 2026.



"Kami sebenarnya sudah sepakat dengan Messi untuk meneken kontrak lima tahun, tapi gajinya cuma dibayar dua tahun (besaran gaji 2 tahun dibayar dalam jangka lima tahun). Leo sudah menerima kontrak tersebut. Kami yakin itu sudah sesuai dengan Financial Fair Play, tapi tidak dizinkan oleh LaLiga," ujar Laporta selaku presiden Barcelona seperti dikutip Reuters.

(mrp/ran)