Saran Luis Suarez untuk Xavi: Jangan Latih Barcelona Sekarang

Novitasari Dewi Salusi - Sepakbola
Jumat, 01 Okt 2021 14:40 WIB
Sadds coach Xavi arrives for the AFC Champions League group D match between Irans Foolad and Qatars Al-Sadd on April 26, 2021, at the Prince Faisal Bin Fahd Stadium in the Saudi capital, Riyadh. (Photo by Fayez Nureldine / AFP)
Xavi Hernadez disebut-sebut sebagai calon pengganti Ronald Koeman di Barcelona (Foto: AFP/FAYEZ NURELDINE)
Jakarta -

Luis Suarez memperingatkan Xavi Hernandez agar tak menerima tawaran melatih Barcelona dalam waktu dekat. Menurut Suarez, ini bukan waktu yang ideal untuk Xavi.

Posisi Ronald Koeman di kursi pelatih Barcelona tengah digoyang. Pelatih asal Belanda itu dapat diterpa isu pemecatan setelah Blaugrana kalah telak 0-3 dari Benfica di matchday 2 Liga Champions tengah pekan kemarin.

Hasil itu membuat Barcelona mencatatkan start terburuknya di Liga Champions. Mereka selalu kalah dalam dua pertandingan pertama, sama sekali belum mencetak gol, dan kebobolan enam kali.

Sejumlah nama disebut-sebut jadi kandidat pelatih Barcelona andai Ronald Koeman dipecat. Xavi jadi salah satunya, selain Andrea Pirlo dan Roberto Martinez.

Namun, Suarez tak menyarankan Xavi untuk melatih Barcelona dalam waktu dekat. Mantan striker Barcelona yang kini memperkuat Atletico Madrid itu menilai situasi di Camp Nou sedang tidak ideal.

"Sebagai penggemar sepakbola dan apa yang sudah dia lakukan sebagai pemain, saya kira hari ini, besok, atau lusa bukan waktunya untuk menangani tim," ujar Suarez kepada Sport.

"Dia cerdas dan tahu kesulitan klub. Dia harus menunggu momennya. Dia punya kolega di dalam yang akan membuat keputusan bersamanya dan ini akan sulit," katanya menambahkan.

Xavi sendiri masih terikat kontrak dengan klub Qatar, Al-Sadd, sampai Juni 2023.

Sementara itu, Ronald Koeman akan menghadapi ujian berat lainnya di Liga Spanyol akhir pekan ini. Barcelona akan tandang ke markas Atletico Madrid pada Minggu (3/10/2021) dini hari WIB.

(nds/cas)