Barcelona Telah Bikin Kesalahan Besar Sejak 4 Tahun Terakhir

Okdwitya Karina Sari - Sepakbola
Senin, 11 Okt 2021 09:15 WIB
BARCELONA, SPAIN - SEPTEMBER 09: Luuk de Jong grabs the badge whilst posing for a photograph as he is presented as a Barcelona player at Camp Nou Stadium at Camp Nou on September 09, 2021 in Barcelona, Spain. (Photo by David Ramos/Getty Images)
Barcelona disebut telah membuat kesalahan besar sejak beberapa tahun terakhir. Foto: (Getty Images/David Ramos)
Paris -

Mantan pemain top Laurent Blanc mensyukuri skuad glamor Paris St. Germain. Blanc sekaligus menyoroti kesalahan besar yang sudah dilakukan Barcelona sejak lama.

Skuad PSG semakin galacticos setelah kedatangan Lionel Messi di musim panas. Megabintang sepakbola Argentina tersebut membentuk trisula maut MNM bersama Neymar dan Kylian Mbappe, yang dibebani ekspektasi untuk memenangi Liga Champions.

Kehadiran Messi plus pemain-pemain bintang lain semacam Achraf Hakimi, Georginio Wijnaldum, Sergio Ramos, dan Gianluigi Donnarumma membuat PSG semakin sulit ditandingi rivalnya di kompetisi domestik. Sekalipun di sisi lain, kehadiran mereka akan mendongkrak daya tarik sepakbola Prancis.

Sementara itu kepergian Messi tidak dipungkiri membuat Barcelona merana. Los Cules sedang terpuruk usai hanya sekali menang dalam enam pertandingan terakhirnya di seluruh kompetisi.

Semasa masih aktif bermain, Blanc pernah memperkuat Barca selama semusim dan pernah melatih PSG selama tiga tahun. Menurut pria Prancis itu, krisis yang dialami Barcelona tidak sekadar karena Messi saja melainkan sejak melego Neymar pada musim panas 2017.

"Untuk sepakbola Prancis, luar biasa karena memiliki Messi, Neymar, dan Mbappe di liga yang sama," kata Blanc kepada Panenka, yang dikutip Marca. "PSG memang seperti dari planet lain, tapi itu bagus untuk Ligue 1 karena bisa melihat pemain-pemain seperti mereka setiap pekannya."

"Kalau saya melihatnya dari sudut pandang Barcelona, saya percaya mereka sudah membuat kesalahan yang luar biasa. Luar biasa. Bukan hanya terkait dengan Messi, tapi melihat dari empat atau lima tahun terakhir."

"Mereka itu sudah kehilangan pemain-pemain luar biasa, yang tidak seharusnya terjadi di klub seperti Barcelona. Anda tidak bisa kehilangan Neymar atau Messi karena sulit menggantikan mereka," Blanc menyimpulkan tentang krisis Barcelona.

(rin/yna)