Hati-hati, Real Madrid! Valverde Sudah Main 16 Kali dalam 2 Bulan

Kris Fathoni W - Sepakbola
Sabtu, 16 Okt 2021 13:30 WIB
BARCELONA, SPAIN - OCTOBER 03: Federico Valverde of Real Madrid CF runs with the ball during the La Liga Santander match between RCD Espanyol and Real Madrid CF at RCDE Stadium on October 03, 2021 in Barcelona, Spain. (Photo by David Ramos/Getty Images)
Foto: Getty Images/David Ramos
Jakarta -

Real Madrid mesti hati-hati menangani Federico Valverde, terkait kondisi fisik yang bisa berujung cedera. Frekuensi penampilannya sudah amat banyak dalam rentang 2 bulan saja.

Dalam catatan Marca, pemain internasional Uruguay tersebut sudah memainkan tidak kurang dari 16 pertndingan dalam kurun waktu 61 hari sejak musim 2021/2022 dimulai.

Secara rata-rata, Valverde sudah bermain dalam satu pertandingan setiap 3-8 hari dalam dua bulan terakhir. Jumlah yang cukup banyak mengingat musim baru memasuki periode-periode awal.

Secara terperinci, pemain 23 tahun tersebut tampil dalam seluruh 10 laga Real Madrid di awal musim ini. Selain itu, pada saat jeda internasional di bulan September dan Oktober, Valverde juga memainkan seluruh enam laga Uruguay.

"Tak ada pemain Real Madrid yang memainkan pertandingan sebanyak Valverde musim ini dan fakta bahwa ia cuma absen dalam 30 menit waktu pertandingan sejauh ini merupakan hal yang merisaukan terkait dengan kondisi fisik."

MONTEVIDEO, URUGUAY - SEPTEMBER 05: Federico Valverde of Uruguay celebrates with teammates after scoring the second goal of his team during a match between Uruguay and Bolivia as part of South American Qualifiers for Qatar 2022 at Campeon del Siglo Stadium on September 05, 2021 in Montevideo, Uruguay. (Photo by Pablo Porciuncula - Pool/Getty Images)Federico Valverde juga jadi andalan di timnas Uruguay. Foto: 2021 Pool/Pool

Marca juga mengingatkan, Real Madrid tentunya tidak mau pemain tengahnya itu mengalami kelelahan otot fisik akibat kelewat diforsir, apalagi sampai berujung cedera.

Yang menjadi masalah, Real Madrid juga punya jadwal padat untuk dijalani. Walaupun tak bermain akhir pekan ini, dengan laga lawan Athletic Bilbao ditunda sebagai dispensasi dari LaLiga, sudah ada laga-laga berikutnya yang menanti.

Setelah tanpa kemenangan di tiga laga terakhir seluruh kompetisi, termasuk kekalahan mengejutkan saat menjamu Sheriff Tiraspol di Liga Champions, Real Madrid akan menghadapi Shakhtar Donetsk pada tengah pekan depan.

Dalam hitungan hari usai laga Liga Champions tersebut, Real Madrid akan berhadapan dengan Barcelona dalam El Clasico akhir pekan mendatang. Berikutnya ada partai lawan Osasuna dan Elche di sisa bulan Oktober.

Federico Valverde sendiri musim ini jadi salah satu figur penting skuad El Real. Bersama Thibaut Courtois, Eder Militao, dan Karim Benzema, tempat Valverde di skuad sulit tergantikan.

(krs/krs)