El Clasico Terakhir Tanpa Messi-CR7: Barca Bantai Madrid

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Jumat, 22 Okt 2021 21:25 WIB
BARCELONA, SPAIN - OCTOBER 28:  Philippe Coutinho of Barcelona beats Isco of Real Madrid  during the La Liga match between FC Barcelona and Real Madrid CF at Camp Nou on October 28, 2018 in Barcelona, Spain.  (Photo by David Ramos/Getty Images)
El Clasico terakhir tanpa Messi-Ronaldo: Madrid dibantai 1-5 (Getty Images/David Ramos)
Barcelona -

El Clasico pekan ini menandai era baru Barcelona dan Real Madrid, tanpa Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Terakhir seperti ini, Los Blancos dibantai Los Cules.

Barcelona jadi tuan rumah edisi pertama El Clasico musim ini di Camp Nou, Minggu (24/10/2021) malam WIB, pada laga pekan ke-10 LaLiga. Melihat posisi kedua tim saat ini, Madrid jelas lebih diunggulkan.

Tim ibukota itu berada di posisi kedua klasemen dengan 17 poin, unggul tiga poin atas Barcelona di posisi ketujuh. El Clasico kali ini seperti jadi penanda era baru persaingan dua raksasa Spanyol tersebut.

Sebab, Barcelona tak lagi diperkuat Lionel Messi yang sudah pergi ke Paris Saint-Germain musim panas kemarin. Sementara itu, Madrid lebih dulu ditinggal Ronaldo pada 2018 saat pindah ke Juventus.

Tak ada lagi adu kehebatan dua pesepakbola terbaik sejagad tersebut dan ini jadi kesempatan para pemain terkini Barca serta Madrid unjuk gigi. Ngomong-ngomong soal Messi dan Ronaldo, kapan terakhir El Clasico tanpa kehadiran keduanya?

Itu terjadi LaLiga 2018/2019, tepatnya Minggu 28 Oktober kala Barcelona menjamu Madrid di Camp Nou. Messi kala itu harus absen karena patah lengan, sementara Ronaldo sudah pindah. Meski tanpa Messi, Barcelona ternyata masih terlalu tangguh untuk Madrid.

Mereka sudah unggul 2-0 di babak pertama lewat Philippe Coutinho di menit ke-10 dan penalti Luis Suarez menit ke-30. Suarez melengkapi hat-trick di babak kedua pada menit ke-74 dan ke-83 sebelum dimantapkan gol Arturo Vidal di menit ke-87.

Madrid yang cuma bisa bikin satu gol lewat Marcelo di menit ke-50 akhirnya menyerah dengan skor telak 1-5! Ini jadi kekalahan terbesar Madrid dari Barcelona dalam kurun waktu cukup lama.

Selama era Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo, memang jarang El Clasico tanpa kehadiran keduanya. Sebelum Oktober 2018 tersebut, duel Barca vs Madrid terakhir tanpa dua megabintang itu terjadi musim 2007/2008. Los Merengues menang 1-0 di Camp Nou lewat gol Julio Baptista.

Saat itu Ronaldo memang belum gabung Madrid sementara Messi absen karena cedera. Lalu, bagaimana dengan El Clasico akhir pekan ini?

(mrp/ran)