Eden Hazard Siap Debut di El Clasico Setelah Tertunda Dua Tahun

Adhi Prasetya - Sepakbola
Sabtu, 23 Okt 2021 05:30 WIB
BARCELONA, SPAIN - OCTOBER 03: Eden Hazard of Real Madrid CF looks on during the La Liga Santander match between RCD Espanyol and Real Madrid CF at RCDE Stadium on October 03, 2021 in Barcelona, Spain. (Photo by David Ramos/Getty Images)
Hazard berpeluang jalani debut El Clasico akhir pekan ini. Foto: Getty Images/David Ramos
Jakarta -

Penyerang Real Madrid Eden Hazard berpeluang tampil pertama kalinya di laga El Clasico menghadapi Barcelona akhir pekan ini. Butuh waktu lebih dari dua tahun agar ia bisa mendapat kesempatan ini.

Sejak bergabung dengan Madrid dari Chelsea pada musim panas 2019, Hazard memang tak pernah sekalipun tampil di El Clasico, padahal tercatat ada 4 pertemuan yang terjadi. Apa boleh buat, cedera menghalanginya bermain.

Pada El Clasico pertama di musim 2019/20, duel Barcelona vs Madrid seharusnya terjadi pada 26 Oktober 2019, namun ditunda karena situasi keamanan di Barcelona tak kondusif, menyusul demonstrasi besar-besaran untuk membela sembilan aktivis pro kemerdekaan Catalunya yang ditahan.

Jadwal laga itu dipindah ke bulan Desember, namun Hazard sudah keburu mengalami retak tulang kaki di bulan November, yang baru sembuh di bulan Februari 2020.

Hazard sebetulnya sudah bermain lagi di bulan tersebut, namun menjelang El Clasico kedua musim itu yang digelar 1 Maret di Santiago Bernabeu, Hazard kembali absen karena retak tulang fibula. Kesempatan itu terpaksa lewat lagi.

Pada musim 2020/21 atau musim kedua Hazard bersama Madrid, nasibnya pun tak berubah. Pemain asal Belgia itu kembali apes dan harus melewatkan dua laga El Clasico.

Pada kesempatan pertama di Camp Nou pada 24 Oktober 2020, Hazard mengalami cedera otot. Sekitar enam bulan kemudian, ia lagi-lagi mengalami problem yang sama, sehingga absen lagi di El Clasico. Namun Hazard sabar menunggu, dan penantian itu mungkin akan berakhir pekan ini.

Hazard yang absen di dua laga terakhir Madrid karena cedera otot dikabarkan sudah siap bermain lagi menghadapi Barcelona. Pelatih Los Blancos Carlo Ancelotti yang mengonfirmasi hal tersebut.

"Kami baik-baik saja dan para pemain juga dalam kondisi oke setelah laga kontra Shakhtar (Donetsk). Saya rasa (Dani) Carvajal dan Hazard akan bisa dimainkan lagi," ujar Ancelotti, dikutip Football Espana.

"Kami punya waktu persiapan yang cukup untuk El Clasico, sehingga matang secara taktik dan fisik," sambung entrenador asal Italia itu. Duel Barcelona vs Real Madrid akan digelar pada Minggu (24/10) pukul 21.15 WIB.

(adp/raw)