Barcelona Vs Real Madrid: Koeman Sebut 2 Kunci Barca untuk Menang

Rifqi Ardita Widianto - Sepakbola
Minggu, 24 Okt 2021 10:00 WIB
Jakarta -

Barcelona membawa modal cukup oke menuju El Clasico kontra Real Madrid. Kini Barca perlu fokus ke dua hal jika ingin meraup poin penuh atas sang rival.

Barcelona menjamu Real Madrid di Camp Nou, Minggu (24/10/2021) malam WIB, dalam lanjutan Liga Spanyol. Ini merupaka duel El Clasico pertama Barca tanpa sang megabintang, Lionel Messi, yang pergi di musim panas lalu.

Musim ini Barcelona memulai dengan lambat. Mereka masih tercecer di posisi delapan dengan 15 poin dari delapan laga, tertinggal lima poin dari Real Sociedad yang memimpin dengan sembilan pertandingan. Sementara Real Madrid sementara menempati urutan ketiga dengan 17 poin dari delapan laga.

Start lambat itu pula yang bikin Barcelona, khususnya sang pelatih Ronald Koeman, dalam tekanan. Tekanan itu agak sedikit mereda menuju El Clasico menyusul dua kemenangan beruntun, yakni atas Valencia di LaLiga pekan lalu dan Dinamo Kiev di Liga Champions.

Namun hasil melawan Real Madrid niscaya akan menentukan bagaimana atmosfer di sekitar Barcelona nanti. Koeman pun menyadari hal tersebut, termasuk soal pengaruh ke nasibnya.

"Saya rasa saya masih pelatih Barcelona sekarang, kita lihat bagaimana besok. Saya merasa didukung oleh klub tapi saya tahu semuanya bergantung pada hasil-hasil," ungkapnya dikutip BBC.

Menghadapi Real Madrid, Koeman menekankan dua hal krusial buat para pemain Barcelona jika ingin menang. Yakni antisipasi terhadap transisi dari bertahan ke menyerang lawan, lalu mesti memaksimalkan kesempatan sekecil apapun.

"Kami memenangi dua laga beruntun dan lingkungannya kini jauh lebih baik. Tidak ada rasa takut dari sisi kami," sambung Ronald Koeman.

"Saya rasa kami punya campuran yang bagus antara pemain muda dan berpengalaman. Kami lebih baik dari penguasaan bola dan mereka sangat berbahaya dalam serangan balik."

"Kami harus sadar akan kecepatan mereka ketika kami kehilangan penguasaan bola dan perlu bermain efektif ketika kami punya kans mencetak gol. Di laga seperti ini, kami tak boleh melewatkan peluang."

(raw/bay)