Imbas Badai Cedera, Dua Staf Pelatih Barcelona Dipecat!

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Selasa, 09 Nov 2021 20:30 WIB
Barcelonas Ansu Fati, centre, walks off injured during a Spanish La Liga soccer match between Celta and Barcelona at the Balaidos stadium in Vigo, Spain, Saturday, Nov. 6, 2021. (AP Photo/Lalo R. Villar)
Barcelona sudah memecat dua staf pelatih fisik (AP/Lalo R. Villar)
Barcelona -

Xavi Hernandez langsung bersih-bersih usai jadi pelatih baru Barcelona. Dua staf medis langsung dipecat menyusul badai cedera Los Cules.

Xavi resmi menggantikan Ronald Koeman dengan kontrak sampai Juni 2023. Tugas berat harus dihadapi Xavi untuk membangkitkan Barcelona yang lagi terpuruk musim ini.

Tak cuma itu, kondisi keuangan klub membuat Xavi kemungkinan tidak bisa bergerak bebas di bursa transfer musim dingin nanti. Ditambah badai cedera pemain sudah menyambut kedatangan Xavi.

Bagaimana tidak, ketika Xavi meneken kontrak di Camp Nou kemarin, ada 11 pemain Barcelona berada di ruang perawatan. Tiga yang terbaru adalah Ansu Fati, Nico Gonzalez, dan Eric Garcia.

Ansu Fati malah harus menepi lagi 4-6 pekan karena mengalami cedera hamstring, meski baru kembali dari absen panjang akibat cedera lutut.

Di lini depan lebih parah lagi, karena Barcelona juga harus kehilangan Martin Braithwaite, Ousmane Dembele, Sergio Aguero. Belum lagi mengikutsertakan Gerard Pique, Neto, Sergino Dest, dan Sergi Roberto.

Kondisi ini tentu menyulitkan Xavi untuk menjalani periode awal kepelatihannya di Barcelona. Hanya ada lima pemain senior yang fit saat ini!

Maka dari itu harus ada perubahan terutama dari sisi staf medis agar kondisi pemain lebih terjaga. Dikutip Diario AS, fisioterapis yang datang bareng Koeman, Juanjo Brau dan pelatih fisik Albert Roca dibebastugaskan.

Sebagai gantinya, Xavi membawa lagi Jaume Muniil kembali ke klub setelah dua tahun bareng timnas futsal Spanyol.

Selain itu, dokter tim Ricard Pruna yang beberapa tahun lalu pernah bekerja di Barcelona dipanggil kembali. Pruna mengawali kariernya di Barcelona pada 2007, saat Xavi Hernandez masih bermain.

Dengan masuknya dua nama itu, kondisi fisik pemain Barcelona diharapkan bisa lebih baik dan bebas dari cedera. Xavi Hernandez sudah pasti butuh tim terbaiknya untuk melajukan Barcelona, yang kini tertahan di posisi kesembilan klasemen LaLiga dengan 17 poin.

(mrp/raw)