Marcelo, Pemain Asing dengan Trofi Terbanyak di Real Madrid

Adhi Prasetya - Sepakbola
Selasa, 18 Jan 2022 14:40 WIB
Marcelo
Marcelo menjadi pemain asing dengan raihan trofi terbanyak di Real Madrid. Foto: Dok. Real Madrid
Jakarta -

Marcelo sudah meraih 23 trofi bersama Real Madrid. Ia menjadi pemain asing dengan titel terbanyak di klub legendaris tersebut.

Marcelo tampil di babak kedua saat Madrid mengalahkan Athletic Bilbao 2-0 di Final Piala Super Spanyol 2021/22, Senin (17/1/2022) dini hari WIB. Ia masuk di menit ke-86 menggantikan Vinicius Junior.

Meski mengakhiri laga dengan 10 pemain, Madrid akhirnya tetap mampu menjadi juara. Ini menjadi trofi ke-23 bagi Marcelo sejak datang ke Santiago Bernabeu pada Januari 2007 lalu.

Catatan itu mengalahkan dua pemain asing veteran Madrid yang juga masih aktif, yakni Karim Benzema (20 trofi) dan Luka Modric (18 trofi). Keduanya memang bergabung belakangan, sehingga wajar jika koleksi trofinya tertinggal.

Marcelo juga menjadi pemain asing dengan masa bakti terlama di Madrid, yakni 16 musim. Ia pun bersyukur dengan segala capaian tersebut.

"Ini adalah momen bersejarah untuk saya dan klub. Sejak masih muda, saya sudah memimpikan saat-saat seperti ini. Saya bersyukur bisa mengangkat trofi sepenting ini," ujar Marcelo usai menjuarai Piala Super Spanyol, dikutip ESPN.

"Sekarang saya ingin menambah sejarah lagi untuk klub ini," jelas bek 33 tahun itu.

Marcelo masih berpeluang menjadi pemain dengan jumlah trofi terbanyak sepanjang masa bersama Madrid. Saat ini, rekor itu dipegang Paco Gento, legenda klub yang meraih 24 trofi pada 1953-1971.

Upaya Marcelo untuk melewati Gento kemungkinan hanya bisa dilakukan di musim ini, sebab kontraknya akan habis pada Juni mendatang dan tak ada tanda-tanda akan diperpanjang. Ia juga sudah bukan lagi pilihan utama di skuad Madrid.

Musim ini, Madrid masih berpeluang meraih trofi di Liga Spanyol, Copa del Rey, dan Liga Champions.

Gelar Marcelo di Real Madrid (2007-2022)

  • 5 Liga Spanyol
  • 2 Copa del Rey
  • 4 Liga Champions
  • 5 Piala Super Spanyol
  • 3 Piala Super Eropa
  • 4 Piala Dunia Antarklub
(adp/krs)