Samuel Umtiti Langsung Cedera Usai Potong Gaji di Barcelona

Adhi Prasetya - Sepakbola
Selasa, 18 Jan 2022 18:15 WIB
(FILES) In this file photo taken on August 8, 2021 Barcelonas French defender Samuel Umtiti enters the pitch during the 56th Joan Gamper Trophy friendly football match between Barcelona and Juventus at the Johan Cruyff Stadium in Sant Joan Despi near Barcelona. - Barcelona extended Samuel Umtitis contract until 2026 on January 10, 2022, a deal that creates enough space in the clubs budget to register Ferran Torres, their new signing from Manchester City. (Photo by Pau BARRENA / AFP)
Umtiti baru turun sekali di musim ini bersama Barcelona. Foto: AFP/PAU BARRENA
Jakarta -

Sial betul nasib Samuel Umtiti. Bek Barcelona asal Prancis itu malah cedera dan harus dioperasi usai memperpanjang kontraknya.

Umtiti menderita patah tulang metatarsal di kaki kanannya dalam latihan pada Senin (17/1/2022) pagi kemarin waktu setempat. Akibatnya, ia pun harus menjalani operasi sehari berselang, seperti diumumkan Barcelona.

Umtiti, yang menurut laporan Marca bergaji 8-9 juta per musim, diketahui baru saja memperpanjang kontraknya di Camp Nou hingga 2026, yang awalnya hanya sampai 2023. Ia juga setuju dengan pengurangan nilai gaji yang signifikan.

Perpanjangan kontrak Umtiti merupakan cara legal yang dilakukan Barcelona untuk bisa mendaftarkan Ferran Torres. Jumlah uang yang akan diterima Umtiti selama 4,5 tahun ke depan sebetulnya sama dengan nilai sisa kontraknya yang 1,5 tahun.

Namun jika uang tersebut 'dicicil' selama 4,5 tahun, maka jumlah uang yang wajib dibayarkan musim ini akan berkurang jauh, dan alokasi dana bisa dialihkan untuk mendaftarkan gaji Ferran Torres.

Meski ia sudah menerima pemotongan gaji, namun Barcelona dikabarkan masih ingin melepasnya, mengingat stok bek tengah yang sudah surplus. Dengan situasi saat ini, sulit mencari klub yang mau merekrutnya di bursa transfer Januari dengan status pinjaman sekalipun.


Cedera Umtiti, ditambah absennya Eric Garcia sejauh ini belum akan membuat pelatih Xavi Hernandez pusing. Ia masih punya Gerard Pique, Clement Lenglet, Oscar Mingueza, dan Ronald Araujo.

Musim ini, Umtiti baru tampil sekali bersama Barcelona, yakni saat Barcelona ditahan imbang Osasuna 2-2 di Liga Spanyol pada Desember lalu.

(adp/krs)