Dani Alves: Xavi Akan Kembalikan Barcelona ke Permainan Sebenarnya

Rifqi Ardita Widianto - Sepakbola
Rabu, 19 Jan 2022 07:30 WIB
BARCELONA, SPAIN - NOVEMBER 20: Xavi Hernandez, Head Coach of FC Barcelona reacts on the sidelines with Gerard Pique of FC Barcelona during the La Liga Santander match between FC Barcelona and RCD Espanyol at Camp Nou on November 20, 2021 in Barcelona, Spain. (Photo by David Ramos/Getty Images)
Dani Alves percaya Xavi bakal kembalikan Barcelona ke karakter aslinya. (Foto: Getty Images/David Ramos)
Jakarta -

Dani Alves optimistis Barcelona bakal kembali ke permainan terbaiknya di bawah Xavi Hernandez. Barca cuma perlu memberinya waktu dan kepercayaan.

Barcelona masih mencari stabilitas permainan sejak ditangani Xavi pada 6 November 2021. Dari 12 pertandingan sejauh ini, Blaugrana masih belum konsisten dalam hal hasil, meraih lima kemenangan, empat kali imbang, dan tiga kali kalah.

Akan tetapi penampilan di laga El Clasico kontra Real Madrid pada semifinal Piala Super Spanyol, Kamis (13/1/2022) pekan lalu memicu semangat baru. Barcelona yang bisa mengimbangi Madrid dalam 90 menit dinilai semakin terbentuk permainannya.

Xavi ingin Barcelona selalu mendominasi permainan dengan umpan-umpan pendek khas Tiki-Taka, tapi juga berani mengambil risiko lebih. Sejak kedatangannya, Barcelona memang diperkirakan akan dibawa kembali ke cara bermain ala Pep Guardiola, yang saat itu merajai sepakbola dengan 14 titel dalam empat musim pada 2008-2012.

Bek veteran Barca Dani Alves percaya Xavi akan mengembalikan klub ke DNA dan karakter aslinya. Tapi ia juga menekankan mantan rekannya itu bakal butuh waktu dan kepercayaan lebih mengingat baru datang di pertengahan musim.

Xavi sendiri memberikan kepercayaan besar ke banyak pemain muda seperti Ansu Fati, Ez Abde, Gavi, Pedri, Nico Gonzalez, Oscar Mingueza, hingga Eric Garcia. Generasi ini yang diproyeksikan jadi tulang punggung Barca dalam tahun-tahun mendatang.

"Saya sejak awal tahu Xavi akan bikin Barca 3.0. Akan sulit memang untuk semua yang dia warisi, tapi saya yakin itu akan terwujud," kata Dani Alves kepada Radio Catalunya dikutip Sport.

"Dia punya filosofi yang sama dengan Guardiola, gaya yang serupa. Sepakbola itu bukan cuma soal memenangi titel-titel. Di sini mereka ingin merevolusi sepakbola."

"(Johan) Cruyff melakukannya, lalu Guardiola. Barca itu soal kecintaan terhadap permainan dan kami harus kembali ke sana," imbuhnya.



Simak Video "Xavi: Barcelona Bukan Favorit Juara Liga Europa, Tapi Sevilla"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/ran)