ADVERTISEMENT

Barcelona Gebuk Celta, Dembele Lewati Torehan Messi

Okdwitya Karina Sari - Sepakbola
Rabu, 11 Mei 2022 09:40 WIB
Soccer Football - LaLiga - FC Barcelona v Celta Vigo - Camp Nou, Barcelona, Spain - May 10, 2022 FC Barcelonas Ousmane Dembele in action with Celta Vigos Javi Galan REUTERS/Albert Gea
Ousmane Dembele menciptakan dua assist untuk membantu Barcelona mengalahkan Celta Vigo 3-1. (Foto: REUTERS/ALBERT GEA)
Barcelona -

Ousmane Dembele tampil impresif untuk membantu Barcelona menggulung Celta Vigo 3-1. Dembele menyumbang dua assist sehingga dia melewati torehan Lionel Messi.

Kemenangan itu diraih Barcelona ketika menjamu Celta Vigo di Camp Nou dalam lanjutan Liga Spanyol pada Rabu (11/5/2022) dinihari WIB. Gol-gol Barca diciptakan oleh Memphis Depay dan Pierre-Emerick Aubameyang (2 gol), sedangkan Iago Aspas melahirkan gol hiburan tim tamu.

Dembele sendiri bertanggung jawab atas terjadinya gol pertama dan terakhir Barcelona. Di babak pertama, winger Prancis itu menyisir sayap kanan lalu melepaskan umpan mendatar akurat yang diselesaikan Depay dengan sepakan dari tengah kotak penalti.

Itu adalah assist kesepuluh Dembele di LaLiga sepanjang 2022. Opta mengemukakan, Dembele menjadi kreator gol terbanyak di antara lima liga top Eropa, melebihi torehan Lionel Messi yang telah mengemas sembilan assist untuk Paris Saint-Germain di rentang waktu serupa.

Kemudian Ousmane Dembele terlibat langsung atas terjadinya gol ketiga Barcelona dibuat Aubameyang di awal babak kedua. Prosesnya mirip dengan gol pertama. Dembele melepaskan umpan mendatar dari sayap kanan, bola bergulir ke area kosong di kotak penalti sebelum dituntaskan Aubameyang dengan tendangan kaki kanan.

Dengan satu tambahan assist itu Dembele berarti secara keseluruhan telah membukukan total 13 assist di LaLiga 2021/2022. Mantan pemain Borussia Dortmund itu kini memimpin daftar assist terbanyak di kompetisi ini, unggul dari bomber Real Madrid Karim Benzema (11) dan rekan setimnya sendiri Jordi Alba (10).

"Ousmane, saya sudah mengatakannya berkali-kali, bisa menciptakan perbedaan," puji pelatih Barcelona Xavi Hernandez usai pertandingan dilansir ESPN. "Di dalam sepakbola itu bukan hanya gol saja yang bisa membuat perbedaan, melainkan juga bertahan dengan baik, menciptakan assist."

"Hari ini dia membangun serangan untuk gol pertama... dia itu berbeda, istimewa, itulah mengapa saya mengatakan dia itu pemain penting untuk saya," tambah mantan gelandang top Spanyol itu tentang performa Dembele.

Simak Video 'Barcelona Tak Terbendung Saat Jamu Celta Vigo':

[Gambas:Video 20detik]




(rin/nds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT