Barcelona Ingin Belanja, Laporta: Semoga Tak Perlu Jual Pemain Dulu

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Rabu, 18 Mei 2022 22:30 WIB
BARCELONA, SPAIN - APRIL 20: President of FC Barcelona Joan Laporta attends on day three of the Barcelona Open Banc Sabadell at Real Club De Tenis Barcelona on April 20, 2022 in Barcelona, Spain. (Photo by Pedro Salado/Quality Sport Images/Getty Images)
Joan Laporta berharap tak perlu menjual pemain musim panas ini (Getty Images/Quality Sport Images)
Barcelona -

Barcelona membutuhkan tenaga baru untuk bersaing musim depan. Presiden klub Joan Laporta berharap tak perlu sampai menjual pemain bintangnya.

Barcelona dipastikan gagal meraih trofi musim ini dan finis runner-up LaLiga adalah pencapaian maksimal mereka, di tengah kondisi tim yang tidak kondusif. Krisis keuangan yang berujung utang menumpuk jadi penyebabnya.

Alhasil, Barcelona tidak bebas bergerak di bursa transfer untuk memperkuat. Pada Januari lalu, mereka pun harus melepas beberapa pemainnya dulu, termasuk Philippe Coutinho untuk bisa mendatangkan empat pemain.

Itu pun termasuk Sergio Aguero yang pensiun di tengah musim karena masalah kesehatan. Barcelona tentu tak mau jeblok lagi dan berupaya untuk memperbaiki skuatnya musim panas nanti.

Sayangnya, Barcelona tidak bisa bebas bergerak karena masih terganjal persoalan keuangan. LaLiga juga membatasi pengeluaran Barcelona tidak boleh melebihi 90 juta euro untuk gaji pemain.

Barcelona diwajibkan untuk menjual pemainnya lebih dulu sebelum bisa mendatangkan yang baru. Kondisi ini tentu menghalangi niatan Barcelona untuk menggaet sejumlah pemain incarannya seperti Robert Lewandowski, Andreas Christensen, dan Franck Kessie.

Maka jalan tercepat untuk Barcelona untuk melepas beberapa pemainnya yang tak terpakai. Coutinho sudah dijual ke Aston Villa, lalu masih ada Ousmane Dembele yang terganjal negosiasi kontrak baru, Clement Lenglet, Samuel Umtiti, Sergino Dest, dan terutama Frenkie de Jong.

De Jong kabarnya tengah diincar oleh Manchester United dan Barcelona siap melepasnya dengan harga 100 juta euro. Meski demikian, Joan Laporta selaku presiden klub berharap mereka tak perlu melakukan itu untuk bisa menggaet pemain baru.

"Biarkan Jordi Cruyff dan Mateu Alemany bekerja. Ingat, situasi keuangan kami tidak bagus. Saya tidak bisa memberikan secara detil soal transfer, tapi kami sedang bekerja keras untuk membangum tim yang kompetitif. Memang tidak mudah. Kami ingin membereskan kondisi yang ada," ujar Laporta kepada Catalunya Radio.

"JIka kami mampu mengatasi kondisi keuangan yang ada, dan saya yakin kami bisa, maka kami bisa melakukan transfer yang kami inginkan," sambungnya.

(mrp/bay)