ADVERTISEMENT

Courtois Kiper, Sulit Dapat Ballon d'Or

Novitasari Dewi Salusi - Sepakbola
Minggu, 12 Jun 2022 19:00 WIB
PARIS, FRANCE - MAY 28:  Thibaut Courtois of Real Madrid celebrates following their sides victory in the UEFA Champions League final match between Liverpool FC and Real Madrid at Stade de France on May 28, 2022 in Paris, France. (Photo by Shaun Botterill/Getty Images)
Petr Cech menilai Thibaut Courtois akan sulit meraih Ballon d'Or karena berposisi sebagai kiper (Foto: Getty Images/Shaun Botterill)
Jakarta -

Petr Cech menilai tidak realistis bagi Thibaut Courtois untuk memenangi Ballon d'Or. Posisinya sebagai kiper tak menguntungkan Courtois.

Courtois dinilai layak masuk kandidat Ballon d'Or 2022 usai tampil cemerlang bersama Real Madrid. Kiper asal Belgia itu ikut mengantar Los Blancos juara LaLiga dan Liga Champions.

Courtois juga tampil krusial di laga final Liga Champions melawan Liverpool dengan melakukan penyelamatan-penyelamatan penting. Dia melakukan total sembilan penyelamatan, paling banyak yang pernah dilakukan oleh kiper di final Liga Champions sejak 2003/2004.

"Well, dia jelas pemain kunci untuk timnya, karena dia melakukan penyelamatan vital dan penting di pertandingan (melawan Liverpool), dan tentu saja, tanpa penyelamatan-penyelamatannya, mereka akan kalah," ujar Cech kepada Stats Perform.

"Anda selalu butuh semuanya untuk tampil bagus di laga besar, di final Liga Champions, dan dia adalah pemain utama dan jelas pantas jadi man of the match.

"Dia melewati musim yang luar biasa, dari awal sampai akhir, dan di Liga Champions, jadi tidak mengejutkan."

Meski demikian, Cech menilai Ballon d'Or ada di luar jangkauan Thibaut Courtois. Menurut mantan kiper Chelsea itu, posisi penjaga gawang akan selalu kalah dari outfield player yang mencetak gol.

"Saya kira akan selalu ada masalah dengan kiper terlibat (di Ballon d'Or), karena di masa lalu, (Gianluigi) Buffon, bahkan (Iker) Casillas, ada beberapa kiper yang seharusnya mungkin lebih dekat dengan penghargaan ini," ucap Cech.

"Tapi kita tahu bahwa untuk kiper ini sangat khusus untuk dibandingkan dengan pemain dan mendekati mereka. Semua orang senang melihat gol dan assist dan skill hebat dalam menyerang, dan sepakbola memang soal ini," kata Cech.

Sejauh ini, Lev Yashin jadi satu-satunya kiper yang pernah meraih Ballon d'Or pada 1963. Setelahnya, Manuel Neuer jadi yang paling dekat dengan penghargaan itu setelah finis ketiga di Ballon d'Or 2014.

(nds/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT