ADVERTISEMENT

Perang Ukraina Bikin Penyelesaian Renovasi Kandang Madrid Tertunda

Adhi Prasetya - Sepakbola
Selasa, 21 Jun 2022 20:20 WIB
MADRID, SPAIN - MAY 20: General view of the stadium before the spanish league, La Liga Santander, football match played between Real Madrid and Real Betis Balompie at Santiago Bernabeu stadium on May 20, 2022, in Madrid Spain. (Photo by Oscar J. Barroso/Anadolu Agency via Getty Images)
Pemandangan Santiago Bernabeu pada Mei lalu. Foto: Anadolu Agency via Getty Images/Anadolu Agency
Madrid -

Renovasi Stadion Santiago Bernabeu belum juga rampung hingga saat ini. Setelah diganggu pandemi COVID-19, kini giliran invasi Rusia ke Ukraina yang membuat proses perbaikan kandang Real Madrid diperkirakan baru selesai di pertengahan 2023.

Hal itu diungkapkan oleh Presiden Madrid, Florentino Perez dalam wawancara dengan program televisi El Chiringuito. Pasokan bahan bangunan yang dikirim dari Ukraina terhambat imbas adanya perang.

"Stadion akan siap kira-kira akhir musim depan. Segerea setelah pekerjaan dimulai, kami terdampak pandemi. Sekarang ada perang di Ukraina, yang menyebabkan dua hal. Bahan dasar menjadi lebih langka dan harganya kini naik," ujar Perez.

"Tapi kami akan mencari cara mengatasi masalah tersebut, dan kami senang telah memulai renovasi, meskipun itu dilakukan sebelum pandemi," jelasnya.

Salah satu pabrik besi dan baja terkenal, yaitu Azovstal, bermarkas di Mariupol dan menjadi salah satu lokasi perang berkecamuk. Kontraktor yang menangani renovasi ini sudah mencari bahan material ke lokasi lain, namun itu akan membuat penyelesaian renovasi tertunda.

Santiago Bernabeu mulai diperbaiki pada musim panas 2019, dan Madrid akhirnya pindah ke Stadion Alfredo Di Stefano di pekan-pekan terakhir musim 2019/20 dan juga sepanjang musim 2020/21. Baru musim lalu Los Blancos 'pulang' ke rumah mereka.

Namun itu pun belum selesai sepenuhnya. Jika diperhatikan, masih ada tribun yang belum bisa diisi oleh penonton. Awalnya, Madrid mencanangkan tanggal 14 Desember 2022 sebagai hari peresmian stadion yang baru.

Hanya saja, ucapan Perez baru-baru ini menyiratkan bahwa penyelesaian stadion akan molor. Kini, Santiago Bernabeu diharapkan bisa berfungsi 100 persen pada musim 2023/24.

Santiago Bernabeu direnovasi agar nantinya bisa dipakai sebagai tempat kegiatan non-sepakbola, mengingat Madrid tak sampai 30 kali bermain di sana dalam semusim. Dengan begitu, Madrid bisa mendapat pemasukan tambahan, yang ditargetkan bisa mencapai 150 juta Euro per tahun.

MADRID, SPAIN - MAY 29: A main stage along Santiago Bernabeu fields is prepared for its celebration on May 29, 2022 in Madrid, Spain. (Photo by Alvaro Medranda/Eurasia Sport Images/Getty Images)Santiago Bernabeu saat dipakai untuk perayaan gelar juara Madrid. Tribune di belakang panggung masih ada yang tertutup. Foto: Getty Images/Eurasia Sport Images
(adp/aff)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT