ADVERTISEMENT

Comeback! Ernesto Valverde Jadi Pelatih Baru Athletic Bilbao

Bayu Baskoro - Sepakbola
Jumat, 01 Jul 2022 01:00 WIB
BARCELONA, SPAIN - SEPTEMBER 24: Head Coach Ernesto Valverde looks on during the Liga match between FC Barcelona and Villarreal CF at Camp Nou on September 24, 2019 in Barcelona, Spain. (Photo by Alex Caparros/Getty Images)
Ernesto Valverde ditunjuk sebagai pelatih baru Athletic Bilbao. (Foto: Alex Caparros/Getty Images)
Bilbao -

Ernesto Valverde kembali membesut tim setelah dua tahun menganggur. Eks pelatih Barcelona itu ditunjuk sebagai entrenador anyar Athletic Bilbao.

Bilbao resmi mengangkat Valverde sebagai pelatih anyar, Kamis (30/6/2022) malam WIB. Valverde masuk menggantikan Marcelino Garcia Toral yang kontraknya habis pada akhir Juni ini.

"Ernesto Valverde, pelatih baru Athletic Club. Pelatih dengan kemenangan terbanyak dalam sejarah Rojiblancos akan menduduki bench San Mames untuk ketiga kalinya," begitu isi pernyataan resmi Bilbao.

Ernesto Valverde memang punya ikatan sejarah dengan Athletic Bilbao. Dia pernah bemain di sana pada musim 1990-1996, serta menjadi asisten pelatih di San Mames pada 2001.

Valverde naik menjadi pelatih Bilbao pada 2003 dan mengabdi di sana selama dua tahun. Pria Spanyol itu kembali membesut Los Leones pada 2013 dan berhasil memenangkan Piala Super Spanyol di tahun 2015.

Valverde mencatatkan rekor mentereng dalam dua periodenya bersama Bilbao. Dia menjadi pelatih yang paling banyak membesut Bilbao (306 kali), menyabet 104 kemenangan dan membawa klub Basque itu lolos lima kali ke pentas Eropa.

Kemampuan Valverde bersama Bilbao menarik minat Barcelona. Blaugrana mengontraknya pada 2017 sebagai suksesor Luis Enrique.

Ernesto Valverde berhasil mempersembahkan empat titel domestik ke Camp Nou, termasuk dua gelar LaLiga. Dia dipecat Barcelona pada Januari 2020 dan menganggur dua tahun sebelum kembali ke Athletic Bilbao.



Simak Video "Kalah Tipis, Madrid Tersingkir dari Copa Del Rey"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/rin)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT