Aubameyang Bicara Soal 'Persaingan' dengan Lewandowski di Barcelona

ADVERTISEMENT

Aubameyang Bicara Soal 'Persaingan' dengan Lewandowski di Barcelona

Adhi Prasetya - Sepakbola
Minggu, 24 Jul 2022 20:40 WIB
FORT LAUDERDALE, FLORIDA - JULY 19: (L-R) Franck Kessie, Robert Lewandowski, Sergino Dest and Pierre-Emerick Aubameyang of FC Barcelona react after a preseason friendly against Inter Miami CF at DRV PNK Stadium on July 19, 2022 in Fort Lauderdale, Florida. FC Barcelona won 6-0. (Photo by Michael Reaves/Getty Images)
Aubameyang dan Lewandowski akan menjadi andalan Barcelona di musim depan. Foto: Getty Images/Michael Reaves
Jakarta -

Pierre-Emerick Aubameyang bicara soal kedatangan Robert Lewandowski ke Barcelona. Penyerang Gabon itu yakin bisa berkolaborasi, bukan saling 'menyingkirkan.'

"Saya antusias (dengan kedatangan Lewandowski karena saya tahu baik dirinya, kami bermain bersama di (Borussia) Dortmund dan itu masa-masa yang indah. Saya senang, kami bisa bereuni," kata Aubameyang kepada ESPN.

"Kami bercanda soal masa lalu, tapi saya sangat senang karena beginilah cara Barcelona bersaing, dengan memiliki para penyerang hebat dan itulah tujuan klub ini. Jelas sekarang kami sudah lebih berpengalaman."

"Kami mungkin bisa melakukan hal yang lebih baik dibandingkan saat di Dortmund dulu, saya yakin itu. Saya pribadi akan memberikan yang terbaik dan saya yakin dia juga. Kami berharap jumlah gol kami lebih baik dibandingkan dulu. Klub telah melakukan pembelian yang bagus di musim panas."

Lewandowski dan Aubameyang pernah bermain bersama di Dortmund, tepatnya di musim 2013/14. Saat itu, Lewandowski diplot sebagai nomor 9, sedangkan Aubameyang dan Marco Reus diplot sebagai winger forward dalam formasi tiga penyerang.

Di bawah asuhan Juergen Klopp, Lewandowski mencetak 28 gol, sedangkan Reus mengemas 23 gol dan Aubameyang membuat 16 gol. Trisula maut tersebut hanya bertahan semusim, sebab setelah itu Lewandowski hijrah ke Bayern Munich.

DORTMUND, GERMANY - MARCH 01:  Robert Lewandowski (L) of  Dortmund celebrates with team mate Pierre-Emerick Aubameyang after scoring the second goal during the Bundesliga match between Borussia Dortmund and 1. FC Nuernberg at Signal Iduna Park on March 1, 2014 in Dortmund, Germany.  (Photo by Lars Baron/Bongarts/Getty Images)Lewandowski semasa bermain bersama Aubameyang di Dortmund. Foto: Bongarts/Getty Images/Lars Baron

Delapan tahun berlalu, Lewandowski dan Aubameyang dipertemukan lagi di Barcelona. Namun kali ini publik bertanya-tanya. Apakah mereka bisa bermain bersama? Atau ada yang dikorbankan? Sebab saat ini keduanya berposisi sama.

Aubameyang datang ke Barcelona sejak Januari lalu, dan ia selalu dipasang sebagai nomor 9 oleh pelatih Xavi Hernandez. Lewandowski pun demikian. Sepanjang kariernya, pemain asal Polandia itu nyaris selalu dipasang sebagai penyerang tengah.

Oleh sebab itu, Xavi diyakini akan 'mengorbankan' Aubameyang dalam skema tiga pemain depan, baik itu menjadikannya pelapis Lewandowski atau seperti di Dortmund dulu, yakni digeser ke sayap untuk bersaing dengan Ousmane Dembele dan Raphinha.

Aubameyang menyatakan Xavi telah memberikan gambaran soal rencana permainan Barcelona musim depan, dan ia mengisyaratkan ada ruang untuk dirinya dan Lewandowski. Apakah dengan cara dimainkan bersama atau rotasi, itu masih dinanti.

Jika melihat laga pramusim melawan Real Madrid di Las Vegas, Lewandowski dipasang menjadi starter, sementara Aubameyang masuk di babak kedua untuk menggantikannya.

Blaugrana memasang target tinggi di musim depan, dan dibutuhkan stok pemain yang cukup di seluruh lini agar bisa terus bermain di level tinggi dan terhindar dari kelelahan atau badai cedera.

(adp/aff)