ADVERTISEMENT

Jordi Alba Mulai Akrab dengan Bangku Cadangan Barcelona

Okdwitya Karina Sari - Sepakbola
Jumat, 09 Sep 2022 14:20 WIB
Jordi Alba of FC Barcelona during the La Liga Santader match between Sevilla CF and FC Barcelona at Ramon Sanchez Pizjuan in Seville, Spain, on September 03, 2022. (Photo by Jose Luis Contreras/DAX Images/NurPhoto via Getty Images)
Bek kiri senior Jordi Alba berangsur-angsur menjadi pemain cadangan Barcelona. (Foto: NurPhoto via Getty Images/NurPhoto)
Barcelona -

Jordi Alba harus rela menerima peran sebagai pemain cadangan Barcelona di musim 2022/2023. Menyusul persaingan di posisi bek kiri semakin ketat.

Pemain internasional Spanyol itu sedang menjalani musim kesebelas bersama Barca. Selama ini Alba nyaris tidak tergantikan di lini pertahanan dan sudah membuat lebih dari 400 penampilan dengan sumbangan 25 gol plus 94 assist di semua kompetisi.

Alba menjadi bagian dari skuad Barcelona yang memenangi treble keduanya pada 2014/2015. Secara keseluruhan pesepakbola berusia 33 tahun itu sudah memenangi total 15 trofi juara, di antaranya lima gelar LaLiga dan Copa del Rey, serta satu Liga Champions.

Namun, peruntungan Jordi Alba agaknya berbeda di musim ini. Alba mulai akrab dengan bangku cadangan usai baru dimainkan sebagai starter dua kali dalam lima pertandingan pertama Barca.

Kedatangan Marcos Alonso di bursa musim panas ini diyakini akan kian mengikis kesempatan bermain Jordi Alba. Meski demikian, Alba menolak mengeluhkan situasinya dan siap membantu Barcelona dengan cara yang lain jika memang tidak dipilih untuk bermain.

"Aku tidak harus membuktikan diriku. Aku toh sudah berada di klub dalam waktu yang lama. Aku juga sudah menjalani banyak momen ketika aku tidak bermain dan aku selalu berusaha untuk bermain, dan bersikap sebaik mungkin," ungkap Alba dikutip SPORT.

"Sekarang aku memang tidak mendapatkan banyak waktu bermain, lebih banyak berada di bangku cadangan ketimbang bermain, tapi aku berusaha mendorong tim sebisa mungkin," sambung pemenang medali juara Piala Eropa 2012 ini.

"Aku sudah bermain dalam waktu yang lama dan atmosfernya memang luar biasa. Ketika aku harus bermain seperti kemarin, membantu tim, aku tidak pernah mengeluh. Kuharap aku bisa memainkan banyak pertandingan, aku bisa bermain bagus, berusaha membantu para pemain yang lebih muda agar semain baik," imbuh Jordi Alba.

(rin/krs)

ADVERTISEMENT