Kapan Barcelona 'Sehat' Lagi? Ini Targetnya

ADVERTISEMENT

Kapan Barcelona 'Sehat' Lagi? Ini Targetnya

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Kamis, 29 Sep 2022 11:00 WIB
MUNICH, GERMANY - SEPTEMBER 13: . logo Barcelona FC prior to the UEFA Champions League group C match between FC Bayern M√ľnchen and FC Barcelona at Allianz Arena on September 13, 2022 in Munich, Germany. (Photo by Harry Langer/DeFodi Images via Getty Images)
Barcelona target keuangan sehat pada 2024/2025 (DeFodi Images via Getty Images/DeFodi Images)
Barcelona -

Barcelona memang bisa belanja banyak musim ini, tapi kondisinya finansial belum membaik. Butuh 2-3 tahun lagi hingga Los Cules sehat lagi.

Pandemi COVID-19 yang terjadi pada 2020 lalu memang menghantam betul keuangan Barcelona. Dari biasanya mendapat pemasukan besar-besaran, Barcelona jadi seret.

Alhasil, tagihan gaji selangit para pemainnya tidak bisa dibayarkan secara lancar, yang membuat klub harus melakukan penyesuaian di sana-sini, termasuk merelakan kepergian Lionel Messi.

Tak sampai di situ saja, Barcelona juga terlilit utang lebih dari 1 miliar euro. Bahkan ada beberapa transfer pemain yang masih ditunggak. Kondisi itu berimbas pada penurunan prestasi Barcelona dalam dua tahun terakhir.

Setelah Joan Laporta naik jadi presiden, keuangan jadi PR besar yang harus dibenahi. Pelan tapi pasti, Laporta bisa memperbaikinya lewat sistem gali lubang tutup lubang.

Mereka melepas sejumlah aset digitalnya alias menarik tuas ekonomi sebanyak empat kali, agar bisa membeli pemain dan mendatftarkannya. Barcelona paham hanya prestasi yang bisa membuat kondisi klub membaik seperti sedia kala.

Prestasi datang dari skuad yang mumpuni sehingga Barcelona belanja banyak musim panas ini, dan membuat mereka dikritik habis. Salary cap Barcelona pun naik dari tadinya -144 juta euro menjadi lebih dari 600 juta euro.

Barcelona setidaknya bisa bernapas lega musim ini dan fokus pada performa lapangan. Namun, untuk mencapai kondisi keuangan yang stabil, manajemen menargetkan semuanya beres pada musim 2024/2025 atau tiga tahun lagi.

"Tanpa bermaksud membanggakan diri sendiri, kami sudah menyelamatkan Barcelona. Tapi, kondisi ekonomi klub belum sehat sepenuhnya," ujar Wakil Presiden Barcelona Eduard Romeu di ESPN.

"Kami masih harus berhemat dan pekerjaan pun masih banyak. Saya prediksi sih Barcelona bakal sehat lagi keuangannya dalam waktu lima tahun. Kami setidaknya bisa mencapai level yang seharusnya pada 2024/2025."

(mrp/rin)

ADVERTISEMENT