Yann Sommer, Kiper yang Pecundangi Sergio Ramos, Mbappe, Busquets, Jorginho

Adhi Prasetya - Sepakbola
Senin, 06 Sep 2021 21:40 WIB
BERLIN, GERMANY - AUGUST 29: Yann Sommer of Borussia Moenchengladbach gives instructions to their side  during the Bundesliga match between 1. FC Union Berlin and Borussia Mönchengladbach at Stadion An der Alten Foersterei on August 29, 2021 in Berlin, Germany. (Photo by Maja Hitij/Getty Images)
Yann Sommer saat membela Monchengladbach. Foto: Getty Images/Maja Hitij
Basel -

Yann Sommer tampil luar biasa saat Swiss menahan imbang Italia tanpa gol. Kiper 32 tahun itu berhasil mempecundangi Jorginho dengan menepis penalti gelandang Gli Azzurri tersebut.

Bermain di Basel, Senin (6/9/2021) dini hari WIB, Sommer menjadi juru selamat Swiss. Ia berhasil membuat 7 penyelamatan, 5 di antaranya dari jarak dekat. Namun yang paling top jelas saat menghadapi penalti Jorginho.

Berawal dari pelanggaran Ricardo Rodriguez kepada Domenico Berardi, wasit pun memberi hadiah titik putih. Jorginho lalu maju sebagai eksekutor, namun gagal sebab eksekusinya terbaca oleh Sommer, yang kemudian menangkap bola.

Alih-alih mengecoh Sommer dengan teknik hop-nya, justru Jorginho yang tertipu. Sommer terlihat menggerakkan badan sejenak ke arah kiri untuk membuat Jorginho berpikir menendang ke kanan.

Trik Sommer pun berhasil, sebab Jorginho betul-betul menendang ke kanan. Dengan tendangan yang sedemikian pelan, mudah saja bagi kiper Borussia Mönchengladbach tersebut untuk berbalik arah dan menangkapnya.

Keberhasilan itu menambah deretan penalti yang berhasil diselamatkan Sommer. Transfermarkt mencatat ia sudah membuat 20 penyelamatan sepanjang kariernya. Khusus di level timnas, ia sudah lima kali melakukannya bersama Swiss, empat di level senior dan satu di level U-21.



Jumlah tersebut bertambah jika ikut menghitung penyelamatan di babak adu penalti. Di Euro 2020 lalu, Sommer membuat tiga penyelamatan di babak tos-tosan.

Ia menepis penalti Kylian Mbappe di babak 16 besar melawan Prancis, lalu penalti Sergio Busquets dan Rodri di babak perempatfinal. Dengan begitu, ada 7 penalti yang ia selamatkan saat membela Timnas Swiss senior.

Nama-nama penendang yang ia gagalkan juga tak main-main. Selain yang sudah disebut, Sommer juga menepis penalti Sergio Ramos dua kali dalam satu laga, tepatnya saat Swiss bermain imbang 1-1 dengan Spanyol di UEFA Nations League pada November lalu.

(adp/ran)