sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 22 Jul 2014 15:58 WIB

European Russia: 'Rusia Kecil' Tuan Rumah Piala Dunia 2018

- detikSport
Getty Images
Jakarta -

Terdiri dari 17,1 juta km2, Rusia memiliki 1/8 dari total luas permukaan bumi. Menggelar Piala Dunia di penjuru negara jelas bukan pilihan. Rusia pun memutuskan untuk memusatkan pesta empat tahunan itu di area yang disebut 'European Russia'.

Sebagai gambaran, luas Rusia yang 17,1 juta km2 tersebut adalah sembilan kali luas Indonesia (!). Sementara Brasil, tuan rumah Piala Dunia 2010, memiliki luas 8,5 juta km2 atau kira-kira separuh luas Rusia.

Brasil membagi rata kota-kota yang jadi tuan rumah Piala Dunia 2010 lalu. Manaus yang terletak di tengah Hutan Amazon menjadi kota paling utara, sementara di sisi paling selatan ada Porto Alegre. Sementara Cuitiba yang berada di tengah Benua Amerika Selatan juga kebagian jatah jadi tuan rumah.

Rusia tidak akan memakai strategi serupa dengan Brasil saat jadi tuan rumah Piala Dunia 2018 mendatang. Menyebar Piala Dunia ke berbagai penjuru negara justru akan menimbulkan masalah karena luasnya negara pimpinan Vladimir Putin tersebut.

Asal tahu saja, Rusia memiliki sembilan zona waktu berbeda. Itu artinya saat sebuah keluarga di Vladivostok tengah menikmati makan malam, penduduk Rusia lain yang tinggal di Kaliningrad sudah menyambut matahari pagi.

Nah, demi memangkas jarak tempuh yang harus dilalui kontestan Piala Dunia dan juga jutaan fans yang akan datang Rusia memutuskan untuk memusatkan seluruh kegiatan Piala Dunia di sisi barat negara tersebut. Wilayah itu dikenal sebagai European Russia.

European Russia meliputi wilayah seluas 3,9 juta km2 (1/6 dari total wilayah Rusia). Dua kota terbesar Rusia, Moskow dan Saint Petersburg, masuk di wilayah ini. Selain itu 77% dari total penduduk Rusia yang berjumlah 143.000.000, tinggal di European Russia.

Dari Wikipedia, istilah European Russia pada awalnya digunakan untuk merujuk pada wilayah teritorial Slavic Timur yang berada di bawah kekuasaan Rusia, termasuk Belarusi dan sebagian besar Ukraina. European Russia ini juga berbatasan langsung dengan banyak negara Eropa, yang membuat suporter negara-negara benua biru bakal mudah mengunjungi kota-kota tuan rumah.

Rusia sudah menetapkan 12 stadion di 11 kota yang akan jadi tuan rumah Piala Dunia 2018 dan seluruhnya terletak di European Russia tersebut.

Sebelas kota yang akan jadi tuan rumah laga-laga Piala Dunia tersebut adalah Moscow, Saint Petersburg, Kaliningrad, Nizhny Novgorod, Kazan, Samara, Volgograd, Saransk, Rostov-on-Don, Sochi, dan Yekaterinburg. Moscow menjadi satu-satunya kota yang menyediakan dua stadion yakni Luzhniki Stadium dan Otkrytie Arena.

(din/mfi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com